Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Mengeluarkan Pendapat Ketika Meeting? Harus Berani!

Meeting

Meeting

Suatu saat ada seseorang fresh graduate (baru aja lulus), memakai baju sederhana, bahkan wajahnya pun tidak bisa menutupi kesan shock tatkala dia sedang duduk di meja itu. Ya, meja itu merupakan ruangan meeting suatu kantor yang full AC, berkursi mewah, dengan lighting yang menawan. Dia sendiri merasa minder karena merasa kalah mengkilat dibandingkan dengan meja dan lampu ruangan itu. Tambah minder lagi ketika disekitarnya adalah beberapa orang yang sebaya, yang terlihat menang secara penampilan, duduknya bisa santai, berwajah cool, dan seolah sudah match dengan atmosfer ruangan itu. Mereka semua sedang melakukan diskusi kelompok, yang akan menentukan masa depan nasib mereka.

Mengapa menentukan masa depan mereka? Ya, karena diskusi itu dinilai oleh tim HRD suatu perusahaan, untuk memilih yang terbaik menjadi Management Trainee di perusahaan itu. Sangat bergengsi pertarungannya, mengingat di ruangan itu ada 7 orang, setelah mengalahkan ratusan orang lainnya dalam tahap-tahap sebelumnya. Dari 7 orang, akan diambil 5 orang terbaik yang akan menduduki posisi itu.

Dan ternyata, orang yang terlihat shock dan minder itu tersingkir, beserta 1 teman yang lain. Keduanya sudah bisa ditebak kenapa mereka gagal. Yaitu, sewaktu diskusi tadi, mereka sama sekali tidak mengeluarkan sepatah kata pun. Orang yang berwajah shock dan minder itu adalah saya sendiri!

Setelah itu, saya pun menyesalkan keadaan saya. Saya merasa kasihan kepada diri sendiri. Penyebabnya udah jelas, yaitu krisis percaya diri dan seterusnya. Nah, saya kepingin Anda-anda semua tidak mengalami hal yang sama dengan yang saya hadapi 8 tahun yang lalu itu.

Intinya adalah, keluarkan pendapat Anda ketika diskusi atau meeting formal, walau hanya satu kalimat!

1. Persiapan

Semuanya perlu persiapan. Kalau Anda diundang meeting, pastikan Anda menguasai materi dalam agendanya.

2. Pertanyaan bukan untuk menyerang 

Niatkan, bahwa pertanyaan itu bukan untuk pil killer bagi presenter atau materi meeting. Bayangkan aja ketika Anda menjadi pimpinan meeting, kemudian Anda ditelanjangi habis oleh teman-teman Anda, sehingga Anda sendiri dipermalukan di muka umum. Gak enak, kan? Jadi, please ungkapkan pertanyaan yang tidak untuk menyudutkan. Mending gunakan kalimat, “Maaf, saya kurang mengerti tentang situasi itu. Bisakah Anda menerangkannya lagi?”, daripada Anda bilang, “Cara Anda menyajikan tidak bagus. Membuat saya bingung. Maksudnya apa sih?”. Rasakan intonasi kedua kalimat itu. Apalagi kita hidup di budaya Indonesia, yang harus saling menjaga perasaan tanpa menghilangkan kekritisan.

3. Jadilah kontributor, walaupun hanya sekedar mengangguk setuju

Nah, kalau Anda merasa ada kejanggalan pada suatu masalah, ungkapkan saja. Kalau tidak, mending Anda anggukkan kepala, tanda setuju. Tapi, mengangguklah yang tulus ya….jangan mengangguk tapi sejatinya bertujuan  agar rapat cepat selesai he he…

4. Siapkan alat pencatat

Persiapan yang tidak kalah penting adalah bawa alat pencatat (bisa kertas, buku notes, laptop, blackberry, ipad, dll). Ini kelemahan saya waktu itu, karena dari 7 orang yang diskusi, hanya saya yang tidak membawa apa-apa. Jangan sampai kita meeting dengan tangan kosong ya?

5. Follow up, apabila ada kaitannya dengan Anda

Kalaupun kesimpulan meeting itu ada kaitannya dengan kita, please follow up dan sampaikan waktu yang terukur. Dan tepatilah.

6. Latihan, latihan, dan latihan

Ini gak kalah penting. Latihlah diri Anda untuk selalu memberikan pertanyaan atau pernyataan dalam meeting itu. Saya tahu, tingkat belajar kita macem-macem nih. Ada yang langsung bisa. Ada yang perlu waktu agak lama. Yang penting adalah latihan. Yang salah adalah setelah baca tulisan ini, eh, kualitasnya sama aja. Alias tetap diam seribu bahasa ketika meeting.

Apakah Anda berani?

About these ads

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: