Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Otak Kanan

Otak Kanan

Thanks to Ippho ‘Right’ Santosa yang telah membuat buku 7 Keajaiban Rejeki. Waktu menemukan buku ini di tengah-tengah rak toko buku, terus terang saya tidak kenal Ippho ini. Apalagi buku ini disegel, alias tidak bisa dibaca dulu di toko. Satu-satunya alasan mengapa saya hendak ke toko buku saat itu adalah mencari buku motivasi dan bisnis….dan saya ditunjukkan dengan buku ini.

Ketika menulis dalam blog ini, saya belum khatam alias belum menyelesaikan semua materi dalam buku ini. Kesan saya, ini buku hebat. Pas dengan gejolak pikiran saya saat ini. Saking hebatnya, saya pelan-pelan banget membacanya. Runtut. Kadang saya mundur lagi beberapa halaman ke belakang, karena ada yang  pengin saya baca lagi. Sering saya membaca-baca ulang materi tertentu. Ya….khas otak kiri…padahal buku ini merupakan buku revolusioner untuk mengoptimalkan otak kanan ha ha…

Yang saya pahami dari buku ini adalah refleksi situasi diri kita saat ini, dan yang lebih penting adalah bagaimana mewujudkan keinginan dengan kekuatan otak kanan. Mengapa otak kanan? Ini saya kutip dari beberapa pernyataan di buku tersebut pada  halaman 50 (Ippho..mohon ijinnya ya):

– Sejak 1810 Joseph Gall telah menemukan bahwa pusat pikiran dan perasaan itu berada di otak. Bukan di hati. Bukan pula di jantung. Dan temuan ini telah diaminkan seluruh pakar di sepanjang jaman.

– Sejak 1930-an pakar-pakar meyakini bahwa otak kiri adalah otak rasinal, yang terkait denganIQ. Sementara otak kanan adalah otak emosional, yang terkait dengan EQ.

– Tahukah Anda, otak kanan itu yang menentukan 80 persen kesuksesan,lantaran tak terpisahnya otak kanan denganEQ?

– Tahukah Anda, kuatnya otak kanan membuat Anda lebih self-motivated, lebih supel, lebih cerdas emosi, dan lebih awet muda? Ini hasil penelitian. Bukan kata-kata saya.

– Tahukah Anda, menurut Thomas Friedman, seorang penulis yang dianugerahi Penghargaan Pulitzer, “Apabila Anda ingin mengasah otak kanan, maka lakukanlah sesuatu yang Anda cintai”.

– Tahukah Anda, Golongan Kanan melakukan sesuatu karena panggilan jiwa, bukan panggilan kerja? Sepenuh hati, bukan sepenuh gaji.

– Tahukah Anda, tanpa otak kanan, Anda tidak lebih dari seonggok prosesor komputer?

– Tahukah Anda, sekitar 80 sampai 85 persen penduduk bumi ini adalah Golongan Kiri? Sisanya sekitar 15 sampai 20 persen adalah Golongan Kanan. Lagi-lagi, ini hasil penelitian. Bukan kata-kata saya.

– Tahukah Anda, otak kiri Anda akan lebih aktif, sewaktu Anda terjaga? Sebaliknya, otak kanan Anda akan lebih aktif, sewaktu Anda tidur. Karena itulah, ketika tidur, kemahiran-kemahiran khas kanan – seperti kreativitas, imajinasi, intuisi, dan sintesis- dapat bermunculan.

– Konon, dualisme otak inilah yang menjadukan manusia berpikir serba biner. Kiri-kanan, kalah-menang, lambat-cepat, rugi-laba, Timur-Barat, dan seterusnya. Yah, walaupun begitu, kedua belahan otak ini bekerja beriringan dan saling mendukung.

Menarik, bukan? Cukup banyak exercise dalam buku ini yang akan membedah pikiran kita semua. Don’t forget. Baca buku ini yang berjudul “7 Keajaiban Rezeki”, by Ippho Right Santoso, penerbit Elex Media Komputindo, ISBN-9789792769234.

Salam…

Single Post Navigation

One thought on “Otak Kanan

  1. penggemar pak ippho juga ya gan,,,salam kenal gan dari semarang.

Leave a Reply

