Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kekuatan Mimpi

Yang dibahas dalam tulisan ini bukan semata-mata mengenai mimpi sebagai bunga tidur lho ya. Kali ini, saya akan membahas berkaitan dengan mimpi, yang berhubungan dengan target hidup kita. Wah….kelas berat nih. Gak juga, karena mimpi itu bisa kita lakukan dengan mudah, gratis, dan gak kena pajak.

1. Definisikan mimpi dengan jelas dan detail

Anda bermimpi jadi kaya? Tapi gak jelas dan gak detail. Maka, jangan salahkan kalau Anda pun juga sampai sekarang kayanya juga gak jelas. Detailkan mimpi Anda. Misal, Anda ingin kaya, mimpikan seperti apa definisi kaya tersebut. Punya rumah seperti apa, bisa naik haji bersama dengan orang tua, bisa punya amalan-amalan ke panti asuhan anak yatim, bisa membangun sekolah anak, bisa punya toko kecil, punya mobil, bisa ngedandanin anak-istri dengan pakaian dan lingkungan yang sehat, dan seterusnya. Semakin detail semakin baik. Jangan lupa kasih timeline. Misal mimpikan Anda akan mendapatkan promosi di jabatan kantor Anda pada 1 tahun lagi. Kok banyak banget sih mimpinya? Semua kembali kepada Anda. Kalau Anda merasa semuanya udah pantas, ya gak usah mimpi lagi.

2. Kaitkan dengan doa

Dari kecil, kita dibiasakan doa sapu jagad (kebahagiaan dunia dan akhirat). Tapi, maaf, kalau sampai kita berusia 30an tahun, dan masih aja berdoa untuk itu, malu dong sama anak-anak play group yang udah hafal doa itu. Artinya apa? Yuk kita perbaiki.

3. Ulangi, ulangi, dan ulangi

Rasakan itu di pikiran Anda, dan selaraskan dengan tindakan yang Anda lakukan. Bertindaklah untuk mendekatkan ke mimpi Anda.  Setiap saat! Ulangi, ulangi, dan ulangi mimpi dan doa Anda. Yakinkan mimpi itu terjadi pada diri Anda, bukan orang lain.

4. Kenali peristiwa yang mendekatkan pada mimpi dan dan terkabulnya doa

Ambil selalu hikmah peristiwa-peristiwa yang mendekatkan ada mimpi dan terkabulnya doa, walaupun peristiwa itu berupa kejadian pahit: dililit hutang, direndahkan oleh saudara, dikasih bonus besar, dll. Saya aja pernah mengalami di PHK, dan sempat kelabakan mencari penghasilan untuk keluarga. Tapi ternyata jawaban selanjutnya adalah saya bekerja di tempat yang saya mimpikan 8 tahun sebelumnya. Bayangkan, saya perlu 8 tahun untuk mewujudkan mimpi saya dan dengan melewati pahit getir segalanya. Dan selain itu, ketika saya bekerja di tempat impian saya, saya merasa sangat powerful dan memberikan kontribusi sangat maksimal terhadap atasan dan perusahaan. Kenapa? Karena  dalam 8 tahun itulah, saya dipantaskan untuk dipersiapkan menerima mimpi saya itu. Sekali lagi, ini perlu latihan. Jadi latihlah kepekaan Anda untuk menangkap hikmah kejadian sehari-hari yang kita alami, dari yang remeh temeh sampai hal filosofis lainnya. Tanyakan selalu pada diri kita, adakah peristiwa hari ini yang merupakan pendekatan terhadap mimpi dan doa kita, ataukah malah menjauh?

5. Perbaiki mimpi kita, dan mulai lagi ke langkah pertama

Hidup kita singkat. Pilihlah hal yang baik untuk itu. Kalau dirasa kita belum mencapai mimpi kita, luangkan waktu untuk merenung, apakah mungkin mimpi kita masih terlalu sederhana? Atau justru terlalu muluk-muluk, sehingga kita pun juga belum siap menerimanya? Hanya kita dan Tuhan yang tahu.

So, mari kita mulai mimpi setinggi-tingginya, dan yakinlah bahwa itu akan menjadi kenyataan.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: