Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Impian 2012? Masih ada waktu untuk membuatnya…

Sebelum Anda membuat comment, sebagian kecil hati saya pun sadar apabila topik ini mungkin gak pas timingnya. Lebih tepat kalau pas awal tahun baru, atau pas akhir tahun. sebagian besar hati saya pun sukses menyemangati saya,”Sampaikan sesuatu walau 1 kalimat saja”.  Intinya, tulisan ini akan berguna jika Anda punya impian di tahun 2011, yang belum tercapai juga. Kenapa ya? Ini dia yang bisa Anda cek satu demi satu.

1. Realistiskah impian Anda

Misalnya kita gak punya mobil, lantas memiliki impian punya mobil. Boleh dong? Pasti boleh. Tapi, kita juga saat ini hidup dalam logika rasional, kalau sekarang impian kita ini terwujud, kira-kira efek apa yang akan muncul kemudian? Oh ya, mungkin saat ini mobil belum tepat Anda miliki, karena belum punya garasi di rumah. Atau Anda masih punya motor yang Anda cintai setengah mati. Ya wajar aja kalau belum dapat mobil. Nanti kasihan motornya he he… Intinya, siapkan impian Anda dalam persiapan rasional untuk mewujudkannya.

2. Buatlah impian yang spesifik

Hindari impian yang umum, dan (biasanya) tidak pernah tercapai. Rasakan bedanya kedua pernyataan ini: “Saya ingin menurunkan berat badan” dengan “Saya ingin menurukan berat sebanyak 5 kilogram sampai dengan tanggal 5 Februari 2012”. Contoh lain: “Saya ingin membaca lebih banyak buku” dengan “Saya ingin membaca 12 buku pada tahun 2012 (1 buku 1 bulan)”. Contoh lain lagi: “Saya ingin menjadi orang dermawan” dengan “Saya akan memberikan 10% pendapatan bulanan saya untuk sedekah pada tahun ini”. Anda akan merasakan energi impian ini menjadi kenyataan.

3. Sinergikan dengan alam: Catat kejadian yang menyerempet ke impian Anda

Pernahkah tiba-tiba Anda ketemu dengan teman lama, yang tanpa direncanakan semula. Ngobrol kesana-kesini, eh dia menawarkan peluang bisnis yang sudah lama Anda idamkan. Nah, ini yang saya maksud sinergi dengan alam. Mungkin mimpi Anda nyaris tercapai. Jadi, rajinlah mencatat kejadian-kejadian ini, dan sambutlah sinergi ini dengan hangat. Persiapkan diri kita dengan kejutan-kejutan alam. Syukuri hal sekecil apapun yang membuat hari kita berbeda dengan hari kemarin.

4. Doa, ikhtiar, dan evaluasi

Untuk hal-hal ini, kita udah sama-sama tahu. Tidak ada satu hal pun yang akan terjadi tanpa seijin Allah SWT. Ikhtiar sebagai langkah nyata untuk mendekatkan ke impian kita. Evaluasi untuk kita gunakan sebagai cara cek dan ricek, seberapa jauh kita dari impian kita, seiring dengan waktu yang telah berjalan. Kalau Anda merasa lelah dan bosan, lihatlah ke bawah. Perhatikan orang-orang yang kurang beruntung, yang tidak punya pilihan lain kecuali mengumpulkan dan mengais sampah untuk menafkahi keluarganya. Sementara kita di sini punya pilihan. Masak kita gak bisa?

Anda ingin tahu impian saya di tahun 2011 yang sudah tercapai?

1. Turun berat badan 10 kg (saat ini baru tercapai 8 kg)

2. Menyembelih sapi di saat Idul Qurban (alhamdulillah sudah tercapai)

3. Menyiapkan dana untuk wisata akhir tahun bersama keluarga (alhamdulillah sudah tercapai)

Emang cuma 3 doang? Gak sih…. Masih banyak yang lain. Ya mohon maklumnya, karena kalau saya ketik semua, nanti sudah masuk batas privacy saya he he he…. Dan yang jelas, masih banyak juga yang belum tercapai. Mohon doanya ya…

So, bagaimana mimpi Anda di tahun 2011 ini dan apakah sudah menyiapkan mimpi di tahun 2012? Masih ada waktu untuk membuatnya…

Salam sukses.

Single Post Navigation

Leave a Reply

