Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Bagaimana Menilai Keberhasilan Aktifitas Marketing?

Istimewa

Anda yang memiliki usaha sendiri (wirausaha) pun bisa menggunakan kriteria ini. Jangan minder dengan perusahaan-perusahaan besar yang sudah bisa beli hasil riset pemasaran bulanan. Kriteria ini bisa digunakan sebagai template, sehingga (ekstremnya) seorang pemilik warnet, usaha laundry kiloan, jual pulsa, dan rental buku bacaan pun bisa menilai keberhasilan usahanya dari hal berikut .

1. Brand Awareness

Suatu merek/ produk apabila semakin dikenal oleh konsumen, maka merek/ produk itu sudah kuat awarenesnya. Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan wawancara langsung kepada konsumen dan calon konsumen di suatu wilayah. Pertanyaannya cukup mudah, yaitu tanyakan merek/ produk yang mereka sukai. Semakin banyak yang mengenal dan tertarik, berarti  strategi dan program marketing berhasil.

Cara yang lain yaitu melakukan penelitian brand awareness. Salah satunya dengan pengisian daftar pertanyaan yang telah disusun untuk mengidentifikasi pengetahuan pelanggan dan calon pelanggan terhadap produk tersebut.

2. Market Share

Mudahnya, market share adalah seberapa besar nilai penjualan produk perusahaan dibandingkan total nilai penjualan produk sejenis dipasaran. Semakin tinggi market share semakin bagus, artinya perusahaan mampu meningkatkan jumlah pengguna produk perusahaan di pasaran. Semisal produk Anda bernama XYZ. Maka salah satu cara untuk melihat market sharenya adalah dari hasil penjualan produk XYZ di sebuah toko  dan dibandingkan dengan total produk sejenis XYZ ini di toko yang sama.

3. Customer Satisfaction

Kepuasan pelanggan sangat penting karena apa sih sebenarnya tujuan kita membuat sebuat produk? Tentunya kepuasan pelanggan kan? Makanya ada tahapan: know-trial-purchase-repurchase-loyal. Puncak dari customer satisfaction adalah loyalitas pelanggan. Pelanggan yang puas biasanya akan melakukan pembelian ulang dan semakin loyal. Strategi dan program marketing yang berhasil akan mendorong peningkatan kepuasan pelanggan. Semakin tinggi kepuasan pelanggan, maka semakin baik bagi perusahaan.

4. Image

Strategi dan program marketing yang berhasil mampu meningkatkan image perusahaan yang sesuai dengan positioning yang ditanamkan secara terus-menerus dibenak konsumen. Dalam hal image ini, cukup banyak saya lihat kegagalannya. Contoh kalau produk Anda di”image”kan sebagai produk kesehatan, maka jagalah image produk Anda dengan memilih SPG yang berbadan ideal dan sehat. Be consistent!

Kalau ternyata produk kita dipersepsikan berbeda oleh konsumen, berarti saatnya kita melakukan dua pilihan: merelakan produk kita seperti image publik, atau kita “paksa” publik mengetahui image produk kita dengan benar. Ini merupakan pekerjaan berat bagi seorang marketer.

5. Coverage

Wilayah pemasaran dan distribusi yang semakin luas serta merata sesuai dengan rencana dan target pemasaran adalah indikator keberhasilan strategy dan program pemasaran perusahaan. Di sinilah sinergi dan saling komunikasi antara Sales dan Marketing.

Itulah 5 kriteria yang perlu dicari jawabannya. Pertanyaan selanjutnya, apakah semakin besar nilai tiap kriteria di atas berarti semakin baik produknya? Tentu saja. Namun, perhatikan batasan-batasannya. Lihat pula pesaing Anda. Cek lagi target Anda. Telaah lagi budget yang telah Anda alokasikan. Dunia marketing memang seru dan sangat dinamis.

Sebagai penutup, saya meminjam quote Philip Kotler (yang sampai saat ini saya masih terkesima membaca buku-bukunya): “The important things is to forecast where the costumer is moving, and be in front of them”. Dahsyat, bukan?

Salam.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: