Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Semangat dalam Bekerja? Penuhi 3 Syaratnya.

freedigitalphotos.net

Hayo, siapa yang sedang galau dengan pekerjaan sekarang? Dalam beberapa kali saya mengisi seminar tentang Karir dan Pekerjaan, segmen tanya jawab pasti dihujani dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

– Saya cukup frustasi dengan situasi pekerjaan sekarang. Masak sih saya harus mencari pekerjaan baru?

– Saya selalu panik dan bingung menentukan prioritas ketika disuruh mengerjakan hal mendadak….

– Apakah benar kita itu mendapatkan gaji yang lebih rendah dari sebelumnya? Kok mau ya kita?

– Bagaimana mengatasi kejenuhan dengan tempat pekerjaan?

– Kenapa kok saya dibilang terlalu idealis bekerja kantoran ya, padahal ada teman lain yang lebih sukses dengan bekerja sebagai makelar property paruh waktu? 

Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan serupa, yang menurut saya mencerminkan ketidaksemangatan dalam bekerja. Nah, selanjutnya bagaimana? Mari kita telisik 3 Syarat Bekerja, sebelum kita memutuskan untuk galau atau tidak.

1. Syarat pertama: Anda memiliki kompetensi untuk mengerjakannya.

Kompetensi ini merupakan syarat mutlak Anda dapat bekerja di bidang tersebut. Misal, sebagai pengemudi, Anda harus tahu punya SIM A, cara mengendarai yang aman, mengetahui alternatif rute, dan tentang mesin. Sebagai agen penjualan, Anda harus menguasai cara berkomunikasi, membuat sales plan, negosiasi, dan lainnya. Sebagai dokter, Anda harus tahu bagaimana struktur tubuh secara keseluruhan, diagnosa keluhan, dan update ilmu-ilmu kedokteran saat ini.

Nah, bayangkan kalau Anda bekerja tanpa kompetensi. Yang jelas, Anda akan super menderita, karena situasi ini melawan pikiran Anda sendiri. Kenapa melawan pikiran? Karena kompetensi merupakan hal yang dipelajari secara spesifik, dapat dilatih, dan terekam dalam ingatan/ pikiran kita. Kalau kita bekerja tanpa kompetensi, pekerjaan itu akan diselesaikan tanpa ada dasar ilmunya. Hasilnya akan setengah-setengah. Kalaupun berhasil, itu karena beruntung saja.

2. Syarat kedua: Anda mencintai tantangan di dalam pekerjaan itu.

Resiko jadi pengemudi adalah kena macet. Nah, kalau kita udah sadar resiko dan kita bisa melaluinya dengan enteng, berarti kita udah cinta dengan pekerjaan kita. Bagaimana kalau tiap bangun pagi, rasanya deg-degan saja? Ini pertanda kita belum cinta terhadap pekerjaan. Bayangkan saja kita sedang jatuh cinta kepada seseorang. Kita pasti akan kangen apabila kita tidak bertemu dalam waktu yang lama. Nah, kalau kita saja di hari Jumat udah pengin pulang cepet, kerja seasalnya, dan udah gak betah di kantor menunggu jam 5 sore trus pulang, apakah itu sudah termasuk cinta terhadap pekerjaan?

3. Syarat ketiga: Secara ekonomi, Anda dibayar dengan pantas.

Seandainya Anda bermaksud menerima sebuah pekerjaan, syarat ketiga ini pun sifatnya wajib Anda kalkulasi. Secara realitas, kita memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Nah, seandainya kita hendak memasukkan faktor belanja barang elektronik, tabungan, jalan-jalan sekeluarga, mentraktir orang-tua, punya asisten rumah tangga, dll, berarti ada tambahan biaya yang ada di atas kebutuhan dasar tersebut. Tugas kita selanjutnya, darimanakah tambahan biaya tersebut akan diperoleh? Jadi, pastikan syarat ke-3 tersebut telah terpenuhi.

Syarat ketiga ini juga yang paling berat. Saya masih menemui cukup banyak orang yang selalu mengeluhkan penghasilannya, padahal sudah bekerja mati-matian, sesuai dengan pengalaman kerjanya, dan bahkan sangat mencintai pekerjaannya. Ketika syarat pertama dan syarat kedua sudah dipenuhi, sedangkan syarat ketiganya tidak, maka saya selalu sarankan: Mencari Penghasilan Tambahan.

Nah, bagaimana rasanya sekarang setelah membaca artikel ini? Tambah semangat, kan? Semangat apa? Mencari pekerjaan baru? Ya mungkin itu salah satunya, he he. Kabari saya ya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

2 thoughts on “Semangat dalam Bekerja? Penuhi 3 Syaratnya.

  1. Jika tiga syarat tersebut dikombinasikan, seperti ledakan bom, tenaganya untuk memicu semangat kerja berdampak dahsyat ya Pak🙂

  2. arfia on said:

    Sepakat!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: