Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Temukan Label Diri Anda

 

freedigitalphotos.net

Setiap manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai sebaik-baiknya makhluk. Tidak ada yang tercela. Jadi, sampai pada titik ini, pahamilah bahwa manusia itu tidak ada yang jelek. Yang ada adalah tidak pada tempatnya. Misalkan, ada anak yang lemah motorik kasarnya, tentu dia akan setengah mati apabila kita minta anak itu mengikuti lomba lari atau ketangkasan fisik. Apabila karyawan kita memang tidak teliti, maka jangan libatkan dia untuk melakukan analisa data yang detail, apalagi yang melibatkan berpuluh-puluh formula perhitungan dari bermacam-macam sumber data.

Melihat kasus anak di atas, seandainya kita tahu kalau bakatnya ada di seni musik, maka kita punya tugas yang amat mudah untuk membuat dia hebat. Caranya adalah memfasilitasi kreatifitas musiknya. Saya yakin 100% kalau anak itu akan menjadi orang besar di dunia, dengan musik sebagai wahananya.

Banyak kasus-kasus rendahnya perasaan terhadap diri sendiri, yang sebenarnya berawal dari kesalahan menganalisa kekuatan diri. Temukan label diri Anda. Label di sini yang berarti apa sajakah hal-hal yang membuat orang teringat pada diri kita dengan menyebutkan beberapa ciri kuat yang kita miliki. Dulu, waktu saya kecil, saya sering bertemu dengan orang-orang yang bernama Yanto Kasur, Sukur Batik, Seto Pitik dan seterusnya. Ternyata, kata yang mengikuti nama panggilan itu bukanlah ejekan. Akan tetapi untuk mempermudah orang untuk mengingatnya sebagai pekerjaan atau pembeda dari orang lain. Yanto disebut Yanto Kasur, karena dia berjualan kasur. Demikian pula dengan Sukur penjual batik dan Seto si peternak ayam.

Itulah makna label. Renungkanlah apa yang terbaik Anda miliki dan apa yang bisa Anda banggakan? Yakinlah bahwa Anda merupakan orang yang spesial. Apakah yang Anda ingin orang-orang ingat mengingat Anda saat ini? Apakah yang membuat Anda bangga terhadap diri Anda sendiri, dan hal tersebut merupakan sesuatu yang bisa Anda bagikan kepada orang lain dengan senang hati? Tulislah apa saja nilai spesial Anda.

Jangan paksakan diri kita menjadi seperti orang lain. Jadilah diri sendiri. Temukan label diri Anda.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

One thought on “Temukan Label Diri Anda

  1. Pingback: Jangan Lupa Memasarkan Diri Anda « Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: