Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Berbagi Kesuksesan, Bukan Kepenatan

freedigitalphotos.net

Pernahkah Anda mendadak merasa kuat dan termotivasi, hanya karena setelah berbincang dengan seseorang yang bermotivasi tinggi dan memiliki nada optimisme dalam setiap kata-kata yang diucapkannya? Pernahkah pula Anda merasa hidup Anda lebih bermakna ketika ada seseorang yang memuji setiap keputusan kecil yang kita ambil? Langkah kita akan lebih mantap, mata kita lebih berbinar, disertai semangat yang menyala-nyala dalam hati kita, untuk lebih cepat mendekati cita-cita kita.

Atau, sebaliknya. Terdapat situasi nyata ketika Anda dicurhati teman Anda tentang kepenatan hidupnya sehari-hari, keluhannya, dan rasa tidak syukurnya pada setiap keadaan? Tentu Anda akan ketularan virus negatif itu, bukan? Rasanya setelah itu pun Anda akan berjalan dengan lemas, terbawa untuk menyalahkan nasib, dan mungkin malah ikut menyesali diri.

Itulah dahsyatnya proses berbagi. Seorang bijak pernah berkata, apabila kau dekat penjual parfum, maka kau akan terbawa wangi. Apabila kau dekat dengan tukang besi, maka kotoran aranglah yang akan nempel di baju kita.

Bila kita sudah merasakan tidak enaknya “diberi pengaruh negatif” dari orang lain, maka mulailah berbagi kesuksesan. Bagilah kepositifan. Bukan berbagi kepenatan. Mulailah dari kita sendiri. Niscaya manfaatnya pun akan kembali ke kita juga.

Kalaupun kita memiliki curhat negatif, carilah Sang Maha Pemberi, yaitu Allah swt. Ajaklah Dia berdialog. Walaupun Dia Maha Tahu, tapi perlakukan Dia sebagai kekasih hati yang senantiasa Maha Mendengar, dan Maha Memberikan Solusi. Bukan main-main lho. Tempat curhat kita bukan saudara kita atau teman kita yang sewaktu-waktu malah menyerang balik kepada kita. Tempat curhat kita ini memiliki Super Power Pengendali Semua Urusan Dunia dan Akhirat. Ya, Allah lah kita dahulukan, Allah lagi yang kita sapa setiap saat, dan Allah-lah yang terus menjadi sandaran hidup kita.

Omong-omong tentang kepositifan, jagalah agar tidak terjebak dalam Riya’ dan Sum’ah. Mungkin sulit untuk melakukannya, akan tetapi, mohonlah kepada Sang Penguasa Alam agar memberikan kita ilmu tersebut. Lakukan berbagi dengan cerdas dan sadarilah bahwa sesukses apapun kita, di atas langit tetap ada langit.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: