Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

CV yang Memikat: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 1)

freedigitalphotos.net

Apabila Anda telah memutuskan untuk mendapatkan pekerjaan dari alternatif yang ada, maka saatnya sekarang Anda mempromosikan diri Anda sebagai orang yang terbaik dalam pekerjaan itu. Berdasar pengalaman dan pengamatan yang saya lakukan selama 10 tahun dalam berkarir, kita harus mendapatkan pekerjaan impian. Kenapa saya sebut pekerjaan impian? Bagi saya, janganlah sia-siakan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak kita sukai atau tidak kita impikan. Untuk itu, kejarlah pekerjaan impian itu bagaimanapun caranya. Kalaupun saat ini kita belum bekerja di pekerjaan impian, pekerjaan saat ini harus merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kita kepada pekerjaan impian.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah bagaimana mendapatkan pekerjaan impian? Saya memiliki 5 strategi untuk itu. Lima strategi yang saya maksud adalah (1) Membuat CV yang memikat, (2) Melakukan pencarian kerja, (3) Memanfaatkan bursa kerja tersembunyi, (4) Menghadapi wawancara dengan percaya diri, dan (5) Cara merundingkan kesepakatan terbaik saat ditawari suatu posisi.

Di artikel ini, saya bahas yang poin pertama dulu ya. Yaitu, bagaimana membuat CV yang memikat.

Memang, membuat CV merupakan pekerjaan yang ribet. Yang belum punya CV bingung mulainya bagaimana, dan yang sudah punya CV pun tidak pernah meluangkan waktu untuk update CV-nya. Akan tetapi, kalau Anda ingin bekerja di tempat pekerjaan impian, buatlah CV yang memikat. Ini sudah harga mati.

Yang dilakukan kebanyakan orang apabila hendak mencari pekerjaan adalah memperbaharui CV-nya, kemudian mengirimkan CV yang kualitas sedang itu kemana-mana, seolah yakin akan diterima bekerja di suatu tempat.

Ini salah besar! Hal yang perlu dilakukan adalah buatlah CV yang memikat. CV tidak menjamin Anda diterima dalam suatu pekerjaan. CV merupakan salah satu tiket agar Anda dipanggil untuk wawancara. Jadi, intinya CV harus menarik perhatian calon tempat Anda bekerja.

Secara umum, CV terdiri atas data diri, profil pribadi, pengalaman bekerja (atau pengalaman organisasi bagi yang belum berpengalaman bekerja), pendidikan dan kualifikasi lain yang sesuai dengan pekerjaan yang di lamar (misal score TOEFL, kemahiran bahasa asing, dan lain-lainnya), dan minat atau informasi tambahan. Susunlah secara urutan dari terbaru ke sebelumnya.

Nah, selanjutnya, lakukan check and recheck tentang CV Anda, Apakah sudah cukup menjual? Apakah masih terasa kering karena kurang menjelaskan peran Anda pada periode waktu tertentu? Periksalah kembali CV Anda berulang kali. Cantumkan hal-hal detail di CV yang benar-benar berkaitan dengan jabatan yang dilamar. Anda akan menulis CV dalam Bahasa Inggris? Silakan saja. Pastikan struktur ejaannya tepat.

Mintakan seseorang yang Anda percaya untuk memeriksa CV Anda, memeriksa kesalahan dan kekurangannya, serta memberikan masukan untuk perbaikan CV tersebut.

Secara khusus, Anda mungkin sudah mengetahuinya, tapi CV memang harus diketik. Pengecualiannya adalah formulir lamaran, yang biasanya mengharuskan Anda menuliskannya dengan tangan. Pilihlah huruf yang sederhana, maksimal 2 lembar saja. Gunakan satu format yang sama, jangan gunakan singkatan, dan cetaklah CV dengan kertas putih berkualitas bagus.

Nah, strategi membuat CV yang memikat ini masih merupakan 1 tahapan dari 5 strategi mendapatkan pekerjaan impian. Nantikan artikel selanjutnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

4 thoughts on “CV yang Memikat: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 1)

  1. Pingback: Berburu Pekerjaan: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 2) « Syariful Akbar

  2. Pingback: Manfaatkan Bursa Kerja Tersembunyi: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 3) « Syariful Akbar

  3. Pingback: Wawancara Penuh Percaya Diri: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 4) « Syariful Akbar

  4. Pingback: Mencapai Kesepakatan Terbaik: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 5 – selesai) « Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: