Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Manfaatkan Bursa Kerja Tersembunyi: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 3)

freedigitalphotos.net

Dalam berbagai kesempatan, saya menanyakan kepada beberapa orang bagaimana cara yang dia lakukan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Beberapa orang menjawab dengan cara yang konvensional. Yaitu dengan menyiapkan CV, kemudian mencari iklan lowongan pekerjaan di surat kabar atau situs lowongan pekerjaan.

Setelah mengirimnya,  kemudian dia menunggu beberapa waktu untuk ditelepon dan diundang untuk wawancara. Waktu yang diperlukan antara pengiriman CV dan diterimanya dalam pekerjaan pun bervariasi. Ada yang 1-2 bulan, namun ada pula yang 5-6 bulan kemudian. Ada beberapa teman yang mengaku baru diterima setelah 1 tahun mengirimkan CV.

Saya pun berusaha mencari tahu bagaimanakah langkah yang lebih efektif untuk berburu pekerjaan impian? Fakta bahwa saat ini dunia kerja sangatlah kompetitif, sehingga pasti memerlukan cara bersaing yang lebih efektif. Beberapa teman saya yang lain bisa melewati tahap ini dengan baik, yaitu dengan memanfaatkan bursa kerja tersembunyi. Strategi ini merupakan bagian ke 3 dari 5 strategi mendapatkan pekerjaan impian. Dua strategi sebelumnya yaitu “Membuat CV yang Memikat” dan “Berburu Pekerjaan“.

Dibandingkan dengan melihat lowongan pekerjaan yang tampak (iklan di surat kabar dan situs lowongan kerja), bursa kerja tersembunyi ini membutuhkan kecerdikan menggali peluang yang tidak mudah dikenali. Namun, cara ini sangat efektif untuk mencari pekerjaan.

Iklan membutuhkan biaya bagi penyedia kerja dan membutuhkan waktu yang lama tanpa ada jaminan bahwa orang yang paling cocok untuk pekerjaan itu akan membaca iklan tersebut. Dari sudut pandang pencari kerja, pemasangan iklan lowongan kerja di surat kabar adalah cara yang paling mudah untuk dilihat-lihat, dan mungkin cara ini pula juga menarik perhatian banyak pelamar.

Namun, mengisi lowongan pekerjaan tanpa perlu mengiklankan, akan menghemat waktu dan biaya bagi penyedia kerja. Jika sebuah pekerjaan tidak diiklankan, kemungkinan besar tidak banyak pencari kerja yang mengetahuinya. Anda hanya akan menemui sedikit persaingan.

Namun demikian, dibutuhkan penelitian yang cermat untuk menemukan posisi dan orang yang tepat. Sekali lagi, network! Anda dapat mengakses bursa kerja tersembunyi ini melalui network yang sudah Anda miliki dan melalui peluang yang sengaja Anda kejar. Sekali lagi, sengaja. Bukan sekedar main-main. Anda harus serius dalam hal ini, karena ini mempertaruhkan network Anda. Penggunaan jalur ini juga menunjukkan kepada penyedia kerja bahwa Anda adalah orang yang bersemangat, tekun, dan berinisiatif tinggi.

Network tidak dibangun dalam waktu 1-2 hari. Coba cek kontak telepon atau BBM Anda? Sudahkah menembus angka 100? Dari 100 contact itu, kapan kita terakhir berkomunikasi? Berapa tambahan contact kita di setiap bulannya?

Salah satu teman saya bilang, kalau ingin tahu seberapa besar network kita, adalah mengetahui seberapa banyak orang yang datang melayat ketika kita meninggal. Wah….saya gak sanggup mikir seperti ini. Lha wong bagaimana mau menghitung network, sementara kita sudah meninggal.

Rahasia pemanfaatan bursa kerja tersembunyi adalah tidak menunggu peluang datang. Melainkan dengan menciptakan peluang tersebut dengan secara aktif mencarinya. Tanyalah langsung ke network anda, “Apakah ada lowongan kerja bagi saya?”

Walau demikian, jangan abaikan bursa kerja yang tampak. Tetap masukkan dalam rencana Anda. Semakin banyak cara yang Anda gunakan, maka akan semakin besar kemungkinan Anda berhasil.

Apakah Anda merupakan orang yang berhasil mendapatkan pekerjaan dari bursa kerja tersembunyi? Silakan share di sini, ya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

2 thoughts on “Manfaatkan Bursa Kerja Tersembunyi: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 3)

  1. Pingback: Wawancara Penuh Percaya Diri: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 4) « Syariful Akbar

  2. Pingback: Mencapai Kesepakatan Terbaik: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 5 – selesai) « Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: