Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Mencapai Kesepakatan Terbaik: Strategi Mendapatkan Pekerjaan Impian (bagian 5 – selesai)

freedigitalphotos.net

Di bagian terakhir di masa pencarian kerja, Anda harus memutuskan apakah pekerjaan yang ditawarkan adalah pekerjaan yang tepat untuk Anda, dan kemudian mendiskusikan gaji. Penting untuk diingat, bahwa pekerjaan bukan semata-mata sesuai dengan kualifikasi Anda, dan Anda bisa memberikan kontribusi maksimal kepada perusahaan. Akan tetapi, Anda harus memikirkan dengan matang mengenai gaji atau kondisi tertentu yang Anda inginkan.

Sebelum Anda memasuki negosiasi, buatlah garis dasar dalam pemikiran Anda. Garis dasar ini merupakan kriteria hal yang mana yang dapat Anda rubah dan mana yang tidak bisa ditawar lagi. Contoh garis dasar adalah lokasi kerja, gaji, jam kerja, lembur, dinas ke luar kota, dan lain-lainnya. Apa yang penting bagi seseorang belum tentu sama dengan orang lain. Pihak perusahaan pun demikian. Mereka tidak akan pernah tahu apa yang penting bagi Anda, sehingga tugas Anda adalah menyampaikan garis-garis dasar yang Anda miliki kepada perusahaan tersebut. Tanyakan setiap aspek secara detail dalam pekerjaan sehingga Anda mendapatkan gambaran lebih jelas tentang pekerjaan Anda.

Kesepakatan terbaik tidak semata-mata gaji. Anda boleh menolak pernyataan ini, tapi memang demikian adanya. Kesepakatan ini bisa berupa jam kerja, fasilitas kendaraan, uang bensin dan tol, anggota tempat kebugaran, biaya telepon, asuransi kesehatan, tunjangan hari tua, beasiswa anak, pinjaman berbunga 0%, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk itu, Anda harus mempunyai garis dasar terlebih dahulu.

Jangan pernah mengiyakan penawaran pertama dari perusahaan mengenai gaji. Lakukanlah survey dan tanyakan kepada teman-teman Anda mengenai standar gaji untuk posisi yang sama di luar sana. Tentu saja, perusahaan lebih suka membuka angka awal yang rendah. Akan tetapi, kita sebagai karyawan berhak mendapatkan lebih tinggi. Itulah mengapa dibutuhkan ketrampilan negosiasi, sehingga bisa bertemu di “tengah-tengah”.

Apabila Anda ditanya tentang berapa gaji yang diinginkan, cobalah ulur untuk tidak langsung mengatakannya di muka, kecuali Anda sudah tahu betul garis dasar Anda, hasil survey gaji, dan standar gaji lainnya. Lakukanlah pembicaraan tentang gaji jika dan hanya jika tahapan wawancara telah selesai, dan memang betul-betul Anda sedang ditawari gaji dan pekerjaan tersebut. Apabila Anda masih dipaksa untuk menjawab juga, sampaikan dengan range. Misalnya kisaran 15-20juta per bulan. Sampaikan pula bahwa angka tersebut negotiable. Jangan pula Anda bernegosiasi terlalu kaku. Ingat, yang Anda hadapi adalah calon partner kerja Anda. Dari sini mereka akan mempunyai kesan awal terhadap Anda.

Tanyakan beberapa pertanyaan praktis berikut sebelum melakukan negosiasi gaji:

– Berapa nilaiku saat ini? Berapakah rata-rata gaji untuk jabatan yang sama di perusahaan lain?

– Informasi tambahan apa saja yang aku perlukan sebelum aku terima penawaran tersebut?

– Apa sajakah garis dasarku? Apakah perusahaan ini menawarkan hal yang sesuai dengan garis dasarku? Manakah yang bisa aku terima dan manakah yang tidak bisa aku terima?

– Berapakah paket minimal yang aku harus peroleh?

– Apabila pekerjaan ini cocok untukku, kesepakatan apa yang bisa aku peroleh?

Inilah titik final mendapatkan pekerjaan impian. Tentunya, dengan menjalankan strategi-strategi yang pernah saya jelaskan sebelumnya, yaitu persiapkan CV, berburu pekerjaan, mencari bursa kerja tersembunyi dan wawancara dengan baik .

Jangan lupa sharing kepada saya tentang hasil negosiasi yang Anda lakukan. Happy dealing!

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: