Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Jangan Lupa Memasarkan Diri Anda

freedigitalphotos.net

Anda seorang Marketer? Anda tentu paham teori Marketing Mix klasik McCarthy di tahun 1964. Beliau mendefinisikan strategi marketing, yang dikenal dengan “4P” (alias empat P), yaitu Product, Price, Promotion, and Place. Teori tersebut sudah berkembang lagi dengan teori-teori Marketing Mix era selanjutnya, dengan menambahkan beberapa “P”.

Saya tidak dalam berkompeten untuk membedah teori 4P dan seterusnya. Saya fokuskan tulisan ini untuk kita memasarkan diri kita sendiri dengan menggunakan prinsip 4P di atas.

1.  Product

Apa ini maksudnya? Ya kita ini lah produknya. Definisikan diri Anda dengan jelas. Misalkan saya, Syariful Akbar, usia 35 tahun, berkeluarga dengan dikaruniai 3 orang anak. Saya mempunyai latar belakang dari keluarga pegawai negeri yang tinggal di desa. Saya memiliki 10 tahun pengalaman kerja di bidang Sales dan Marketing dan sangat menyukai belajar dari siapapun. Cita-cita terkuat saya adalah memiliki sekolah Playgroup dan Taman Kanak-kanak, dengan tujuan untuk memberikan pendidikan dasar yang baik bagi anak-anak dan orang tuanya, terutama bagi kalangan yang tidak mampu. Untuk mencapai cita-cita itu, saya mendalami ilmu manajemen dengan praktek langsung di beberapa bisnis sampingan, melatih menulis untuk mengasah ide, bekerja dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki konsep good parenting, bergabung dengan beberapa komunitas pendidikan dan marketing, dan banyak hal lainnya.

Nah, label tersebut di atas harus dikawal dengan baik. Lakukan riset layaknya kita mengaudit kinerja produk kita. Kira-kira, apakah kita sudah memiliki arah yang benar menuju terwujudnya cita-cita kita itu?

2. Price

Berapa harga Anda bekerja? Kalkulasikan gaji Anda per bulan, dibagi dengan hari kerja, dan dibagi dengan jumlah jam kerja setiap hari. Itulah harga Anda bekerja per jam. Pertanyaan selanjutnya, puaskah Anda menerima gaji per jam sejumlah yang Anda terima sekarang?

Ibarat produk, Anda mau dihargai lebih atau cukup dengan harga pasaran saat ini? Harga pasaran saat ini artinya harga yang Anda kalkulasi di atas tadi. Kalau Anda ingin dihargai lebih, lakukanlah sesuatu segera. Anda bisa lihat tulisan saya tentang Melebihkan Upaya

3. Promotion

Untuk mencapai target profil yang telah Anda set sebelumnya, apakah Anda sudah melakukan promosi terhadap diri Anda sendiri? Apakah Anda telah menyebarkan profil diri Anda? Apakah Anda telah dikenal sebagai seseorang yang memiliki kompetensi tertentu? Apakah Anda telah diakui oleh lingkungan Anda untuk sesuatu tindakan? Apakah kita sudah memantapkan label kita? Silakan baca tulisan saya di Temukan Label di Dalam Diri Anda.

4. Place

Place ini artinya tempat. Pertanyaan selanjutnya, apakah kita telah berada di tempat yang semestinya? Kisah nabi menyebutkan, kalau bergaul dengan penjahat, maka kita akan menjadi penjahat. Kalau kita bergaul dengan tukang parfum, insya allah akan tertular wanginya.

Contoh kasus: Apabila kita mendapatkan lokasi usaha di dalam rumah sakit ibu dan anak, kira-kira dagangan apa yang akan laku di sana. Anda analisa sendiri, ya?

Menarik bukan? Saya yakin, dengan melakukan prinsip Marketing Mix di atas, kita pun bisa sesukses merek yang selama ini kita perjuangkan di pekerjaan kita sehari-hari sebagai Marketer.

Selamat memasarkan diri Anda.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

 

Single Post Navigation

Leave a Reply

