Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kalau Belum Berhasil, Barangkali…

freedigitalphotos.net

Tidak selamanya hal yang kita lakukan membuahkan hasil sesuai dengan yang kita harapkan. Pernah pula kita alami kesuksesan yang terasa sulit untuk diraih. Kegagalan dapat disebabkan oleh rasa takut dan rasa tidak percaya diri yang timbul dari dalam diri maupun akibat pengaruh lingkungan sekitar.

Hal tersebut saya rasa wajar dan manusiawi. Hidup ini selalu memilih antara dua hal: hitam putih, baik buruk, kaya dan miskin, dan sebagainya. Maka ada sukses, tentu ada kegagalan. Rasa takut gagal ini dapat kita atasi dengan selalu berpikir positif sehingga akan menimbulkan rasa percaya diri. Salah satu cara untuk menimbulkan rasa percaya diri adalah dengan mengatakan bahwa kegagalan adalah sesuatu hal yang “belum berhasil”.

Alkisah, saya sedang melakukan presentasi di hadapan direksi sebuah perusahaan. Yang membuat terganggu adalah lawan bicara saya yang merupakan decision maker ini memilih bermain games di smartphonenya! Alih-alih saya memikirkan behaviour si orang ini, saya langsung ubah strategi presentasi dengan terus menerus mengajukan pertanyaan ke orang itu. Tujuannya, agar dia tidak bermain games dan tentunya “terpaksa” menyimak presentasi saya. Strategi ini terbukti berhasil.

Nah, kira-kira, apa lagi yang membuat kita belum berhasil? Silakan share sama-sama ya…

Mengutip kata Bill Gates: “Merayakan kesuksesan itu baik. Namun mempelajari kegagalan itu lebih penting.”

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

