Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Gunakan Pintu dan Kunci yang Tepat

freedigitalphotos.net

Suatu hari, saya harus masuk ke kantor pada hari libur untuk mempersiapkan perjalanan dinas ke luar kota pada keesokan harinya. Karena alasan keamanan, maka saya tidak bisa masuk melalui pintu utama, melainkan melalui pintu samping.

Setelah mengisi buku laporan, saya diantar oleh petugas jaga ke pintu samping itu. Serta merta dia mengeluarkan segerendel anak kunci. “Sabar ya pak. Kuncinya harus dicoba satu-satu,”, katanya sambil tersenyum, seolah menjawab wajah saya yang kebingungan. Anda bisa bayangkan betapa tersiksanya saya menyaksikan kejadian ini. Dimana anak-anak kunci yang berjumlah puluhan dicoba satu demi satu, tanpa satu pun kode anak kunci mana untuk pintu yang mana, dan saya yakin hanya Tuhan yang tahu kapan berakhirnya.

Kisah di atas menginspirasi saya untuk perjalanan kehidupan saya selanjutnya. Definisi “pintu” di sini saya rubah menjadi “jalan keluar” dan “kunci” sebagai “ilmu”.

Pertama, kalau kita sudah tahu pintu mana yang hendak dituju, pastikan kita menyiapkan kuncinya.

Kedua, kalau kita tidak tahu pintu mana yang hendak dituju, mintalah informasi, pelajari dulu pintu-pintu yang ada, lewatilah dari yang paling mudah dibuka.

Ketiga, jangan paksakan kunci untuk membuka pintu itu. Mungkin, kuncinya akan pas untuk pintu yang lain. Bertindaklah bijaksana. Jangan ge-er.

Keempat, di alam raya ini, percayalah Tuhan telah menyiapkan pintu dan kunci. Tinggal kita yang memilih pintu dan kunci yang mana yang akan kita gunakan. Untuk itulah, kita dibekali akal pikiran.

Bagaimana kalau ruangan yang Anda tuju itu ternyata tidak berpintu? Bersyukurlah, karena Anda sesungguhnya telah melewati pintu-pintu yang barangkali tanpa disadari sebelumnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

