Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Gunakan CCtV untuk Konsumen Baru

freedigitalphotos.net

Saya mendefinisikan konsumen produk kita tidak hanya berasal dari pengguna baru yang diperoleh dari pemasangan iklan, promosi di toko, word of mouth atau social media. Padahal, kita bisa mendapatkan konsumen baru produk kita dari pengguna produk kompetitor.

Menurut hasil sebuah kegiatan telemarketing produk minuman, 5 dari 10 pengguna kompetitor akan beralih ke sebuah produk baru setelah diberikan sample produk. Bayangkan betapa besarnya potensi konsumen baru, yang bahkan sebelumnya mengkonsumsi produk kompetitor.

Salah satu konsep untuk mendapatkan konsumen dari kompetitor ini saya singkatkan menjadi konsep CCtV, yaitu CARI, CATAT, dan VALIDASI.

CARI di sini adalah bagaimana tim penjualan kita mampu mengidentifikasikan pengguna kompetitor dengan baik. Lakukan pendekatan dengan memberikan flyer dan sample produk kepada konsumen tersebut. Tim penjualan perlu dilengkapi dengan kemampuan mengidentifikasi calon konsumen dari kompetitor dengan tepat. Misalkan produk makanan anak. Maka, kita bisa menyiapkan tim penjualan di supermarket yang berada di lorong produk makanan anak. Aktifitasnya pun simple. Cukup dengan melihat keranjang belanjaan. Begitu di dalam keranjang belanjaan konsumen tersebut terdapat produk kompetitor, nah, dialah target kita..

Tahap selanjutnya adalah CATAT. Mohon ijin dalam meminta data konsumen tersebut dengan detail, meliputi nama, nomor telepon, alamat, dan data produk yang digunakan sebelumnya. Lakukan dengan sopan agar image produk kita bisa terjaga dengan baik.

Nah, tahap pamungkas yang bernama VALIDASI ini merupakan titik finalnya. Validasi ini bisa dilakukan oleh tim telemarketing untuk menanyakan apakah konsumen tersebut telah mencoba sample produk kita atau belum. Selanjutnya, banyak hal yang bisa di tanyakan kepada konsumen tersebut termasuk apakah mereka sudah membeli produk kita, atau bahkan mengapa belum membeli. Data-data hasil validasi ini bisa kita olah selanjutnya sebagai database konsumen, yang bisa digunakan untuk keperluan riset.

Anda ingin meningkatkan jumlah konsumen produk Anda dari pengguna kompetitor? Jangan lupa konsep CCtV di atas.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: