Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

3 Asas Bekerja

freedigitalphotos.net

Masih bingung memutuskan bekerja dimana? Kalaupun sudah bekerja, tapi kok masih belum semangat ya? Apakah Anda sekarang sedang wawancara pekerjaan? Cocokkah pekerjaan baru ini bagi Anda sekarang? Coba jawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan asas KKI: Keahlian, Kontribusi, dan Imbalan.

Keahlian – contoh yang mudah adalah tenaga kesehatan rumah sakit. Mereka akan mengambil orang yang berpendidikan keperawatan, misalnya. Bisakah Anda bayangkan apabila pekerjaan tukang kayu diselesaikan oleh ahli taman? Kalaupun selesai, hasilnya tidak memuaskan. Lisensi, sertifikat, dan ijazah juga merupakan bukti-bukti keahlian.

Kontribusi – dalam pekerjaan tersbut, kita bisa memberikan kontribusi positif. Orang akan membandingkan kinerja perusahaan antara sebelum dan sesudah kita bergabung. Sulit rasanya membayangkan apabila kita bergabung di sebuah tim kerja, namun ada dan tiadanya kita terasa sama saja. Kalau tidak memberikan kontribusi, apa artinya kita di sana?

Imbalan – imbalan ini bisa diukur dengan penghasilan secara ekonomi. Berapa gaji Anda per jam, misalnya? Ada pula imbalan jenis lainnya, misalnya pengakuan sosial dan kepuasan emosional atau spiritual.

Saya memiliki teman dekat semenjak kecil. Di kalangan teman-teman sekolah, dia terkenal sebagai pegiat seni. Tak jarang dia tampil berpuisi, menulis materi mading, mewakili group ensembel sekolah, bahkan main drama. Obsesi orang tuanya yang menyekolahkan di teknik sipil pun sering dibuatnya cemas. Ketika belajar kelompok, yang dibahas bukan tugas gambar teknik sipil. Dia justru membahas jadwal manggung grup teaternya. Dia lakukan kegiatan itu dengan penuh semangat.

Setelah itu, dia memutuskan untuk mendalami ilmu seninya di IKJ (memperdalam kemampuan). Saat ini sekarang dia sudah menjadi art director untuk beberap film dan iklan-iklan TV dengan klien perusahaan top di Indonesia (memberikan kontribusi). Keadaan rumah tangganya yang mapan, saya rasa menjadi salah satu bukti imbalan yang diterimanya.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah pekerjaan Anda memenuhi asas KKI?

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: