Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kebetulan atau Kebenaran

freedigitalphotos.net

Apabila kita sebagai sopir taksi, di suatu saat kita melewati persimpangan gang, dan seketika itu kita menoleh ke arah gang itu. Tiba-tiba terlihat ibu-ibu yang melambaikan tangannya kepada kita, dan akhirnya menjadi penumpang kita. Pertanyaannya: apakah itu kebetulan atau kebenaran?

Atau dalam situasi lain, tentu kita sering mengalami pertemuan tertentu yang agak meleset tapi justru hikmahnya jadi memenuhi pengharapan kita. Secara budaya, kita katakan peristiwa semacam ini bernama kebetulan. Kebetulan adalah hal yang tidak disengaja, yang terjadi karena kecelakaan (Bahasa Inggrisnya: accidently).

Sesungguhnya, kejadian itu memang benar tidak disengaja. Artinya, kita tidak bisa menyengajakan, tapi Allah-lah yang sengaja menciptakannya. Dan bagaimana Allah menyengajakan model nasib atas kita, bergantung pada (1) hak mutlak Allah untuk menentukan apa saja, dan (2) kualitas hubungan kita terhadap Allah. Itulah prinsip kebenaran. Semua adalah Allah Yang Maha Pengatur.

Kembali ke kisah sopir taksi. Apabila kita keesokan harinya melewati persimpangan gang yang sama dan pada waktu yang sama pula, kemudian menoleh ke arah yang sama pula, berapakah prosentasi ibu-ibu yang akan melambaikan tangan ke taksi kita?

Termasuk dengan usaha kita untuk membuka toko lebih pagi, menyiapkan barang dagangan yang rapi, harga murah…siapa yang akan menjamin banyaknya pembeli pada hari itu?

Ya Allah…masih jauh hamba-Mu ini dari kualitas kedekatan kepada-Mu. Aku masih saja menyerobot sana-sini, mencurangi teman, merebut hak orang lain… Ampunilah hamba. Tuntunlah hamba untuk menjalankan segala sesuatu yang sesuai dengan kasih sayang-Mu. Ajaklah kaki, tanganku, perasaanku, dan pikiranku dalam cinta-Mu…

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: