Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Berapa Biaya 1 Konsumen?

freedigitalphotos.net

Misi marketing adalah mempengaruhi pikiran dan tindakan konsumen untuk lebih memilih salah satu produk atau jasa dibanding yang lainnya. Cara untuk mempengaruhi itu bisa melalui iklan, promosi, penjualan berhadiah, dan lainnya. Tentu akan timbul biaya marketing terhadapnya. Dalam analisa selanjutnya, kita bisa pula mengetahui berapa prosentasi pembeli produk kita yang benar-benar konsumen baru, dan berapa yang memang sudah menjadi pelanggan (loyalis).

Hal yang sering ditanyakan kepada marketer adalah berapa biaya yang didapatkan untuk mendapatkan konsumen. Apakah gunanya menghitung biaya mendapatkan konsumen? Bagaimana rasio yang tepat agar biaya tersebut memiliki nilai wajar?

Dalam bahasa umum, biaya untuk mendapatkan konsumen baru disebut dengan biaya akuisisi.  Itulah mengapa menghitung biaya akuisisi ini penting, untuk mengukur sejauh mana keefektifan marketing yang dijalankan.

Semakin tinggi rasio biaya akuisisi dengan hasil jumlah konsumen pengguna yang rendah, tentunya memperlihatkan tingginya rasio biaya marketing yang kita keluarkan.

Sebaliknya, dengan mengetahui berapa biaya akuisisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan konsumen baru, kita bisa memiliki patokan berapa biaya yang dibutuhkan apabila kita ingin  meningkatkan jumlah konsumen baru.

Bagaimana menghitung biaya akuisisi?

Cara paling mudah adalah dengan membagi biaya marketing yang dikeluarkan untuk mendapatkan konsumen (misal melalui tim promosi, iklan, dan sebagainya) dengan jumlah konsumen yang membeli produk tersebut dalam periode tertentu (misal satu bulan, satu kuartal, dan seterusnya). Misalkan tiap bulan orang yang makan di restoran Anda sebanyak 100 tamu, dan biaya yang dikeluarkan untuk memasang iklan dan sebagainya sebesar 5 juta. Maka biayanya sebesar Rp 50ribu/ tamu.

Apakah ini cukup murah atau terlalu mahal, Anda yang yang bisa menentukan. Tentu akan lebih baik apabila biaya akuisisi ini menurun dari waktu ke waktu, yaitu dengan menekan biaya marketing untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: