Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Setiap Karyawan Harus Baca Buku Ini – James Gwee

Dok. Istimewa

Saya mengenal James Gwee dari siaran radio Smart FM bernama “Smart Business Talk”. Dengan akses Singaporean, dia dengan lugas memaparkan pandangannya mengenai Sales, Motivasi, Service Excellence, Leadership, Managerial Skill, Team Building, dan Personal Development.

Buku yang saya baca ini pun tidak kalah lugas. Setiap Karyawan Harus Baca Buku Ini. Pada halaman awal, James Gwee merasa perlu mengingatkan bahwa ia menulis buku ini hanya untuk orang-orang yang (1) ingin meraih kinerja yang lebih baik dalam kerja, (2) ingin menjadi karyawan yang lebih baik, (3) ingin menjadi orang yang lebih baik, dan (4) ingin sukses dalam hidupnya. Lanjutnya, “Bila Anda tidak siap untuk membayar harga kesuksesan Anda, jangan buang-buang waktu Anda. Singkirkan buku ini.”

Buku setebal 175 halaman ini dicetak oleh Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, memang memiliki rancangan sedemikian sehingga mudah dibaca dan mudah dipahami. Dengan memberikan gambaran seperti permainan monopoli yang sering dilakukan anak-anak, hal ini ternyata mengandung makna yang sama untuk berhasil dalam permainan yang disebut KERJA. James Gwee mengatakan bahwa kita harus (1) tahu bahwa ada aturan mainnya, (2) memahami aturan mainnya, dan (3) mengikuti aturan mainnya.

Di bab-bab selanjutnya, James Gwee memberikan 14 aturan-aturan aplikatif yang bisa kita jadikan upaya untuk menghasilkan imbalan yang setimpal dalam pekerjaan. Tidak semata-mata uang, namun lebih kepada kesuksesan secara keseluruhan.

Aturan yang pertama saja sudah cukup membuat saya terhenyak: “Kenapa Anda Ingin Sukses? Apa Anda Sungguh Tahu?”. James Gwee menjekaskannya panjang lebar, dan diakhiri dengan pernyataan, “Anda ingin sukses di dunia kerja, ingin menjadi karyawan BINTANG, bukan karena bos Anda, bahkan bukan karena perusahaan tempat kerja Anda, tetapi demi masa depan ANDA SENDIRI, demi anak-anak ANDA, dan demi orang-orang yang ANDA kasihi.”

Aturan-aturan selanjutnya cukup menarik disimak, diantaranya adalah Aturan Abad 21: Bukan hal-hal yang Anda lakukan di masa lalu yang membuat Anda berharga. Tetapi, apa yang menurut orang lain mampu Anda lakukan untuk masa depan, inilah yang membuat Anda berharga.

Mak jleb, bukan… Yuk sempatkan baca buku ini. Apabila Anda Manajer, mintalah Karyawan Anda untuk membacanya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: