Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Breakaway

Dok. Istimewa

Breakaway ini diistilahkan sebagai kegiatan bersama yang dilakukan untuk mendapatkan penyegaran, meningkatkan kekompakan, dan bahkan untuk menaikkan produktifitas. Berbeda dengan liburan biasa, breakaway seringkali menggunakan tema yang sudah disepakati bersama. Pesertanya pun beragam. Dari keluarga besar, grup perusahaan, bahkan ada beberapa penyelenggara kegiatan yang dikhususkan untuk  anak-anak.

Kegiatan breakaway perlu direncanakan sesuai kemampuan dan kebutuhan pesertanya, baik secara fisik maupun mental. Dengan konsep yang dibuat sedemikian rupa, menjadikan hasil breakaway ini menjadi bermakna. Yang paling umum adalah berupa kegiatan outbond dan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Untuk kegiatan dengan keluarga besar, perlu dipertimbangkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama. Namun, alokasikan waktu tertentu untuk bermain bagi anak-anak sendiri mengingat ada anggota keluarga lain yang lebih senior (misal kakek dan nenek).

Untuk kegiatan bersama rekan-rekan sekantor, biasanya lebih mudah pengaturannya. Selain usia yang relatif sebaya, konsepnya bisa diikutkan dengan acara-acara perusahaan, pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi, dan lainnya.

Yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah lokasi kegiatan. Apakah mau penuh waktu di dalam ruangan, di luar ruangan, ataukah kombinasi. Penyelenggaraan pun bisa dilakukan sendiri, atau menggunakan jasa event organizer yang membuat kita nyaman sebagai peserta. Untuk event organizer ini biasanya sudah disiapkan juga oleh tempat kegiatan. Survei merupakan kegiatan selanjutnya agar kita bisa meminimalkan resiko-resiko yang terjadi dalam perjalanan dan kegiatannya.

Persiapan lainnya adalah mengenai rute perjalanan, makanan, tempat menginap, dan tiket masuk. Seru kan…? Nah, yuk kita luangkan waktu untuk breakaway bersama-sama.

Foto di atas saya ambil dari kegiatan breakaway karyawan perusahaan yang dilakukan di The Highland Park Resort, Bogor. Cita-cita saya dalam waktu dekat ini adalah melakukan breakaway bersama anak-anak yatim.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: