Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Dukanya Orang Tua

Dok. Istimewa

Berita tentang si Dul anak Ahmad Dhani yang terlibat dalam kecelakaan beruntun beberapa hari yang lalu ini telah tersiar kemana-mana. Saya ikut prihatin atas kejadian tersebut. Tidak perlulah kita ikut-ikutan menilai ini dan itu. Biarlah pihak yang berwenang yang menyelesaikannya.

Alangkah bijaknya apabila kita mencari hikmah positif terhadap kejadian buruk yang menimpa orang lain. Bukan untuk menghakimi. Bukan untuk merendahkan. Bahkan bukan untuk mengasihani. Jadikan pelajaran bersama,

Masalah yang terkait dengan keluarga, yaitu suami, istri, dan anak, adalah sesuatu yang paling emosional. Segalak-galaknya atasan, apabila ditelepon istrinya untuk beli martabak, pasti tunduk juga he he… Sesibuk apapun aktifitas ibu, apabila ada kabar sang anak kena panas di sekolah, pasti langsung tergopoh-gopoh menyusulnya ke sana.

Saya pun merefleksikan kembali ke dalam diri saya. Dulu waktu saya kecil, saya pernah rewel di rumah makan minta ayam panggang. Permintaan saya dituruti. Selanjutnya, pesanan ayam panggang itu pun tiba. Saya tambah kaget, karena ayam panggang yang dipesan itu benar-benar berukuran 1 ekor utuh dan berbumbu pedas. Karena itulah, saya pun kembali rewel meminta makanan yang lain. Kedua orang tua saya pun dengan sabar melayani permintaan saya. Saat itu saya sama sekali gak mikir, apakah mereka punya cukup uang untuk membeli makanan itu? Lantas bagaimana nasib ayam panggang yang masih utuh tersebut apakah dibungkus dibawa pulang, atau alih-alih justru dikembalikan? Dan masih banyak kejadian-kejadian bodoh lainnya yang sampai saat ini masih melekat di pikiran saya, yang tidak pernah membayangkan dukanya orang tua.

Semandiri dan seberhasil apapun yang telah saya jalani, sampai sekarang ada saja yang masih membuat repot dan membuat duka bagi kedua orang tua saya. Saya kembali merenung, ternyata saya masih lebih banyak menyampaikan berita yang tidak mengenakkan dibandingkan kabar gembira ketika berbicara dengan mereka, .

Ya Rabb….ampunilah hamba-Mu ini. Jadikanlah hamba sebagai anak yang berbakti, yang mampu memuliakan kedua orang tua kami. Amin…

(Note: Foto diatas adalah foto kedua orang tua saya sambil menggendong anak saya).

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

