Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kerja Cepat?

freedigitalphotos.net

“Mas, speed untuk pekerjaan ditingkatkan lagi dong…” Apabila kita pernah ditegur dengan kalimat seperti itu, setidaknya ada 3 makna: (1) orang itu punya kaitan terhadap hasil kerja kita, (2) tidak ada prestasi yang pernah kita capai, atau (3) orang itu tidak tahu apa pekerjaan kita.

Kali ini, saya akan share bagaimana mengatasi alasan yang pertama ya: Orang itu memiliki kaitan terhadap hasil kerja kita.

Model pekerjaan dengan organisasi matrix, menuntut kita memiliki tanggung jawab kepada atasan kita dan juga kepada pemegang kepentingan lainnya. Misalnya kita bertugas sebagai seksi acara sebuah kegiatan, kita harus langsung berkomunikasi kepada seksi konsumsi, seksi perlengkapan, seksi dekorasi, dan bahkan langsung ke bendahara, tanpa perlu kita semuanya melalui ketua panitia. Tetap ada rapat koordinasi dimana dihadiri oleh ketua panitia. Tapi selebihnya dan sehari-harinya, kita akan langsung melakukan koordinasi kepada seksi lainnya.

Bagi saya, SPEED itu bukan persoalan utama. Yang lebih mendasar adalah PROSES yang BENAR, PERFORMANCE BAGUS, dan CEPAT

1. PROSES YANG BENAR

Kebiasaan bekerja dengan benar ditujukan agar anda bisa menghindari kesalahan fatal, yang efeknya buang waktu, tenaga dan biaya. Pekerjaan yang salah berarti harus diulang dan dikerjakan lagi.  Pernahkan mengalami jaman mesin ketik? Apabila terjadi salah ketik, artinya kita harus mengetik dari awal halaman kembali. Beruntung sekarang sudah ada software pengetikan.

Toleransi kesalahan yang bisa diterima adalah yang bersifat wajar. Selama hasil kerja sudah benar, berarti kita sudah efisien dalam bekerja.

2. PERFORMANCE BAGUS

Selain menunjukkan kuantitas (jumlah), Quality Control (kualitas) dalam menyelesaikan pekerjaan juga menjadi pertimbangan utama agar menghasilkan pekerjaan yang baik. 

Apabila hasil kerja anda bagus tapi masih banyak yang salah, pasti tidak ada gunanya dan anda harus membuat lagi, akan tetapi apabila hasil pekerjaan anda benar dan bagus, atasan anda atau pihak lain yang berkepentingan pasti akan puas.

3. CEPAT

Urutan terakhir adalah kecepatan. Dengan bekerja cepat, berarti kita produktif dan akan meningkatkan . Cara bekerja cepat harus dibantu dengan sistem dan metode kerja. Biasakanlah membuat urutan pekerjaan atau prioritasnya sehingga kita bisa menentukan sistem dan metode yang akan digunakan.

Ciptakanlah habit mulai dari tahap pertama dan seterusnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: