Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Consumer Activation atau De-Activation?

Dok. Istimewa

Pernahkah Anda melihat aktifitas promosi produk yang tidak melulu berjualan berhadiah (bundling) dan diskon harga? Konsep kegiatannya barangkali melibatkan anak-anak Anda (lomba menggambar), dengan menghadirkan ibu-ibu muda (demo memasak), atau melakukan serangkaian kompetisi untuk mendapatkan sesuatu predikat juara (lomba idol)?

Di jaman online seperti sekarang, dengan mudah ibu-ibu memotret aktifitas anaknya dalam mengikuti lomba menggambar. Tidak lama kemudian, si ibu ini melakukan update status BBM: “Lomba Menggambar … Anakku juara!!! Selamat ya sayang…”. Foto tersebut mencantumkan si anak membawa trophy dengan background logo produk susu. Kontan saja, semua contact si ibu ini akan melihat 2 hal: anak yang juara, dan logo produknya.

Itulah konsep consumer activation. Konsumen akan “aktif” dengan sendirinya, untuk menularkan, mengumumkan, menegaskan, dan menyebarluaskan aktifitas tersebut. Kegiatan untuk mengaktifkan konsumen loyal ataupun calon konsumen, agar menjadi konsumen yang mampu menguatkan pesan-pesan dalam produk tersebut kepada konsumen yang lain. Kata lainnya adalah menjadikan konsumen ini menjadi  duta produk dengan sendirinya. Bukan sekedar konsumen sebagai pembeli produk.

Selling atau penjualan bisa merupakan salah satu dari tujuan consumer activation, tetapi bukan satu-satunya. Barangkali yang dikejar adalah jumlah orang yang “like” Facebook ? Atau untuk mendapatkan hasil survey tertentu? Siapkan minimal 3 target dalam kegiatan Anda. Itu akan membuat aktifitas consumer activation lebih terukur.

Lakukan analisa sebelum dan sesudah kegiatan (before and after), sehingga tidak berakhir dengan “Consumer De-Activation”.

Foto di atas saya ambil di Mall Kasablanka, dengan Shell memajang replika F1 yang terbuat dari Lego. Ini salah satu contoh kegiatan consumer activation dengan cross product.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: