Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Training bukan Ajang Pelampiasan

Dok. Istimewa

Saya yakin, semua pasti setuju apabila training merupakan salah satu cara untuk melejitkan kinerja tim secara keseluruhan. Ada yang dilakukan secara in-house/ training internal. Ini biasanya dilakukan oleh atasannya atau menggunakan ada tim khusus dari tim training internal perusahaan. Ada pula yang mengikutkan pada institusi khusus yang secara khusus mereka memiliki kompetensi materi training tertentu.

Training bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta sebagai pelengkap pekerjaannya. Salesman harus di training dahulu, agar dia tahu dan mengerti apa yang akan dijual, mengapa dijual, dan bagaimana menjualnya. Seorang karyawan baru pun juga harus ditraining, untuk memahami pekerjaannya, dan sekaligus mengetahui bagaimana cara penilaian terhadap pekerjaannya.

Nah, disinilah perencanaan berperan. Tim Trainer harus memahami kebutuhan training dan menganalisanya. Misal dengan adanya kuisioner, focus group discussion, atau observasi. Hal tersebut mutlak diperlukan sebelum menentukan jenis trainingnya.

Dalam training in-house, rambu-rambunya pun sama. Jangan sampai terjebak sehingga training menjadi ajang review kinerja. Bahkan sampai menjadi ajang pelampiasan, karena tim tidak mencapai target. Itu salah besar. Training berbeda dengan review pekerjaan. Review pekerjaan dilakukan one-on-one. Satu demi satu. Face-to-face. Mengapa? Karena setiap orang/ karyawan memiliki target yang berbeda. Sehingga, review pun harus dilakukan secara individu. Bukan membuka raport kerja secara massal.

Di artikel selanjutnya, saya akan share bagaimana melakukan persiapan training. Ditunggu ya…

Foto di atas saya ambil ketika mengikuti in-house-training di sebuah perusahaan.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: