Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kehilangan untuk Mendapatkan Kembali

freedigitalphotos.net

Pada hari yang sama, bertubi-tubi ada kabar dari saudara dan rekan kerja yang kehilangan handphone. Ketika mendapatkan kabar itu dan menyampaikan nomor sementara untuk berhubungan, saya lantas membalasnya dengan kalimat, “Sabar ya…handphone hilang gak apa-apa. Yang penting dirimu tidak ikut menghilang, he he…”

Pengalaman kehilangan ini memang menyakitkan. Saya pun sangat traumatik ketika menggunakan smartphone atau gadget-gadget yang mutakhir. Bukan masalah membeli atau menggunakannya. Namun ada aja ancaman kondisi hilang, dimana nyaris seluruh data kehidupan ada di dalamnya. Entah foto, kontak telepon, dan data-data lainnya.

Rasanya memang menyesakkan. Pelajaran ikhlas pun dimulai. Bukan soal barang yang hilang, entah kecil atau besar. Tapi “rasa kurang” atau “rasa ada yang hilang”, itu yang menjadi dominasi pikiran kita. “Rasa” itulah yang membuat kita ngilu. Belajar ikhlas berarti juga belajar bagaimana selalu bersyukur atas nikmat-Nya.

Saya sangat yakin, alam bergerak dengan hukum-hukum Allah. Kehilangan pun bisa merupakan cara-Nya untuk kita mendapatkan kembali yang lebih baik.

So, bagi saudara dan rekan kerja saya yang kehilangan itu, saya pun akhirnya berpesan, “Kapan ke toko HP? Aku siap anter dan bantu menawar harganya. Tapi, nota pembelian tetap aku serahkan padamu…he he…”

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

