Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Sekolah pun Tidak Tabu Berpromosi

Dok. Istimewa

Mengelola sekolah saat ini bisa diidentikkan dengan mengelola perusahaan, kantor atau tempat bisnis lainnya. Di sekolah, produk yang dihasilkan adalah mutu lulusan. Di sekolah pula terdapat pemberian jasa terhadap anak didik dan orang tua murid agar dididik sesuai dengan kemampuan sekolah dan guru, baik dari segi keahlian, biaya tenaga dan waktu.

Sebuah sekolah adalah sebuah komunitas dengan pengelola sekolah, kepala sekolah, guru, admin dan orang tua siswa menjadi elemennya. Semuanya berbagi tugas tanggung jawab agar siswa bisa merasakan hasil dan manfaatnya. Ujung-ujungnya akan tercipta sekolah sehat yang jadi kepercayaan masyarakat.

Konsep 4P Marketing Mix (Product, Place, Price, Promotion) pun bisa dijalankan secara aplikatif untuk menarik minat masyarakat agar mempercayakan anak-anaknya dididik pada sekolah tersebut. Kali ini saya memfokuskan pembahasan mengenai Promotion.

Sekolah pada jaman dulu, lebih banyak diam dan menunggu siswa untuk mendaftar. Beberapa waktu terakhir, selain andalan utamanya adalah word of mouth dan pasang spanduk pendaftaran, era sudah bergeser sehingga diperlukan teknik-teknik promosi jemput bola, diantaranya:

– open house, yang dihadiri oleh calon-calon murid. Biasanya aktifitas ini digunakan untuk melakukan sosialisasi kurikulum, fasilitas sekolah, dan aktifitas ekstrakulikuler

– seminar pendidikan, yang dihadiri oleh orang tua calon siswa 

– lomba ilmiah, yang pesertanya merupakan potensi siswa di sekolah itu. Semisal untuk SMP mengadakan kegiatan yang pesertanya berasal dari kelas 5-6 sekolah dasar

– kerjasama dengan sekolah-sekolah yang berafiliasi, misal setelah lulus SD tersebut maka langsung diterima di SMP itu dan seterusnya

– keikutsertaan sekolah tersebut dalam lomba-lomba antar sekolah, baik di tingkat lokal ataupun provinsi

–  update secara berkala di dunia maya, dan pastikan tidak ada nilai negatif terhadap sekolah tersebut

Hal-hal di atas merupakan beberapa contoh aktifitas promosi bagi sekolah yang akan membantu menaikkan kuantitas dan kualitas murid-murid baru. Ini juga merupakan tantangan bagi kepala sekolah, guru-guru, serta PMOG untuk meningkatkan hasil produk atau layanan pendidikan di sekolah tersebut.

Foto di atas saya ambil dari aktifitas sekolah menengah pertama yang mengadakan lomba tingkat sekolah dasar, sebagai salah satu contoh kegiatan promosi sekolah.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: