Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Bukti Perubahan

Bukti Perubahan

freedigitalphotos.net

Walau agak terlambat, ijinkan saya mengucapkan Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin. Semoga amal ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT.

Dalam kelaziman, sering kita terima pula ucapan Minal Aidzin Wal Faidzin. Arti sebenarnya dari ungkapan itu adalah “Termasuk dalam orang-orang yang kembali sebagai orang yang menang”.

Saya tidak mau mbahas apakah ucapan minal aidzin itu bid’ah atau bukan. Itu bukan kapasitas saya. Bagi saya, yang penting ucapan itu bermakna positif dan tidak ada salahnya diucapkan. Saya yakin, setiap doa kebaikan yang diucapkan kepada orang lain pasti akan kembali kepada kita.

Apakah kita sudah menjadi orang yang menang? Menang terhadap apa? Tentunya menang setelah melakukan perjuangan.

Perjuangan apa? Perjuangan untuk menjadikan diri kita lebih baik. Perjuangan melawan hal yang membuat diri kita tidak baik.

Apa indikasi keberhasilan perjuangan kita? Saya rumuskan menjadi dua hal: (1)  Kebiasaan baru, dan (2)  Pengendalian Diri.

Kebiasaan baru harus kita lakukan sebagai bukti perubahan. Misal, tibalah di kantor tidak tepat waktu. Lho maksudnya? Misalnya tiba pas jam 8 pagi sesuai jam kerja, sekarang cobalah tiba pukul 07.30. Agar tepat jam 8 pagi sudah siap kerja. Lebih awal, dan tidak tepat waktu kan he he…

Pengendalian diri yang jelas pada bulan puasa adalah dari sisi jam makan dan minum. Kita dipaksa untuk menahan diri untuk tidak makan dan minum pada periode tertentu. Sekarang, cobalah kita implementasikan pada kehidupan kita. Tahanlah untuk tidak “makan” gosip misalnya. Kendalikan diri kita agar tidak “minum” riya dan kesombongan. Tundukkan diri kita dari keinginan terhadap hal-hal negatif.

Itulah bukti perubahan. Yuk kita sama-sama buktikan perubahan sebagai wujud kemenangan kita.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: