Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Karakter yang Menentukan

Karakter yang Menentukan

Dok. Istimewa

Tidak terasa saya telah menekuni profesi karyawan selama 13 tahun di 5 perusahaan, baik di perusahaan multinasional maupun perusahaan lokal. Mau tanya situasi pekerjaannya? Sama ataukah berbeda? Jawabannya dua-duanya ada. Ada yang sama dan ada yang berbeda. Nah, trus gimana dong?

Sepanjang saya berkarir di bidang Sales dan Marketing, selalu saya temui persamaan polanya pada lingkup persoalan teknis. Untuk Sales, persoalannya seputar penambahan distribusi serta target penjualan. Di Marketing ya itu-itu saja. Yaitu diantaranya adalah pengembangan produk, kegiatan promosi, harga, dan survei konsumen.

Untuk hal teknis di atas, ternyata persamaannya pula terletak pada hasil angka/ figurnya. Sifatnya kuantitatif. Kalau target 100 baru tercapai 80, artinya 80% tercapai. Jadi jelas ukurannya.

Yang membedakan dalam situasi pekerjaan di beberapa perusahaan itu justru terletak pada orang-orang yang ada di belakangnya. Tingkat analisa setiap orang yang berbeda, akan menghasilkan ketajaman strategi yang berbeda. Hasil leadership yang keras pasti akan menciptakan efek yang berbeda apabila melakukan leadership dengan cara fleksibel. Dapat diduga akibatnya, apabila direksi mengambil keputusan secara emosional setelah menelan mentah-mentah laporan dari bawahannya.

Dalam hal ini siapa yang salah? Saya berpegang “pada prinsip sebab-akibat”. Setiap “sebab “yang baik, akan menimbulkan “akibat” yang baik pula. Kalaupun ada “akibat” yang tidak baik, itu pasti karena ada “sebab” yang fatal perlakuannya.

Itulah mengapa saya simpulkan bahwa kesuksesan perusahaan bukan karena image yang terkenal, produk atau jasa yang laku, harga saham yang menaik, ataupun dari tingkat deviden yang dibagikan oleh perusahaan ketika RUPS. Kesuksesan justru terlihat dari karakter manusia di belakangnya.

Saya jadi ingat istilah “The man behind the gun”. Senjata tanpa kemampuan atau kompetensi orang di belakangnya, dapat amat berbahaya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

