Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Gara-gara Nila Setitik

Gara-gara Nila Setitik

freedigitalphotos.net

Gambar di samping ini bisa dikatakan indah, namun juga bisa dikatakan kotor. Tergantung dari penilaian subyektif yang melihat foto tersebut.

Apabila dinilai dari sisi kemahiran fotografi, artikulasi ruangan, estetika pencahayaan, kesulitan medan, presisi waktu yang pas, efek alamiah, dan alat yang digunakan, gambar ini sangatlah cantik.

Namun, penilaian super di atas akan terhapus seketika saat si penilai merupakan sosok orang pemuja kebersihan dan kerapihan. Orang ini akan bilang, “Ah, bagus dari mana? Dari Hong Kong? Lihat itu daun-daunnya berantakan bikin kotor pemandangan!”

Apa respon fotographer yang mendengar ucapan itu? Mengumpat dalam hati sih udah jelas he he… Yang repot kalau si penilai dituntut mencemarkan nama baik dan fitnah. Jadi besar urusannya nih…

Ketika kita memiliki anggota tim yang performancenya rendah, janganlah dicaci maki ataupun dicari-cari kesalahannya. Apapun itu, dia adalah bawahan kita. Kalau ada bawahan yang berkinerja rendah, sesungguhnya yang salah bukan si bawahan. Namun atasannya lah yang tidak bisa melakukan coach/ bimbingan, serta gagal menempatkan orang sesuai kompetensinya.

Kalaupun semua rencana yang sudah tersusun matang tiba-tiba berantakan, silakan menangis sebentar sebagai perluapan emosi. Namun, tidak perlu cari kesalahan sampai ke hal-hal kecil yang tidak bermutu. Setelah itu bangunlah dan carilah hikmah di balik itu semua.

Hindarkan kebencian terhadap sesuatu, karena boleh jadi apa yang kita benci itu justru terdapat keberkahan di dalamnya. Dan janganlah menyukai sesuatu berlebihan, karena boleh jadi ada kerugian dibaliknya.

Ungkapan lainnya adalah: Don’t let one bad moment spoil a bunch of good ones. Terjemahan bebasnya: Janganlah nila setitik membuat susu rusak sebelanga.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

 

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: