Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Produk Laku dengan Marketing Mix

Produk Laku dengan Marketing Mix

freedigitalphotos.net

Apa tujuan pokok pembuatan produk atau jasa? Jawabannya adalah sesederhana bahwa produk atau jasa yang kita jual harus laku. Disinilah konsep Marketing Mix berperan.

Marketing Mix mengacu kepada lingkup tindakan, taktik, strategi, yang digunakan untuk mengenalkan merek atau produk kepada konsumen. Konsep ini dikenalkan Neil Borden pada tahun 1953. Rumus umumnya adalah 4Ps: Price, Product, Promotion, dan Place. Namun, belakangan ini, konsep marketing mix bertambah dengan beberapa faktor P lain seperti Packaging, Positioning, People dan bahkan Politics pun juga menjadi elemen penting.

Dalam artikel ini saya kupas dahulu untuk 2 P pertama: Price dan Product.

Price: Harga

Price atau harga mengacu pada nilai nominal yang akan dilabelkan pada produk tersebut. Hal ini terkait dengan biaya produksi (costs of production), segmen target konsumen , kemampuan pasar untuk membeli produk kita, mekanisme dan kalkulasi penawaran-permintaan (supply – demand), dan beberapa faktor lain yang langsung ataupun tidak langsung. Ada beberapa strategi pengambilan harga, yang ujung-ujungnya terkait dengan rencana bisnis. Harga bisa juga dijadikan acuan untuk membedakan dan meningkatkan image produk itu sendiri.

Product: Produk

Produk dalam hal ini terkait dengan barang yang siap jual. Produk harus mencapai standar minimum kinerja, mutu, khasiat, jaminan, atau tampilan. Istilah produk tidak semata-mata dengan barang inti itu sendiri. Semisal shampoo. Tidak semata-mata cairan shamponya. Namun juga termasuk botolnya, tutup botolnya, labelnya, karton packagingnya, serta segelnya. Apalah arti sebuah shampo yang sudah diproduksi, namun tutup botolnya salah pasang. Produk yang bermasalah tetap tidak berarti apa-apa walaupun konsep Marketing Mix lainnya telah bekerja dengan maksimal.

Kedua aspek Price dan Produk saya berikan contoh foto di artikel ini. Yaitu tulisan menu yang dijual dengan penulisan harga pada tiap-tiap minumannya.

Bagaimana dengan 2P sisanya? Saya akan share di artikel selanjutnya ya. Have a productive day!!!

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

 

Single Post Navigation

One thought on “Produk Laku dengan Marketing Mix

  1. Pingback: Lokasi dan Promosi | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: