Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Lokasi dan Promosi

Lokasi dan Promosi

freedigitalphotos.net

Selamat pagi rekan-rekan semua. Sesuai janji saya, artikel kali ini menyambung tulisan sebelumnya yaitu Produk Laku dengan Marketing Mix.

Mari kita refresh sebentar dengan Marketing Mix. Marketing Mix mengacu kepada lingkup tindakan, taktik, strategi, yang digunakan untuk mengenalkan merek atau produk kepada konsumen. Konsep ini dikenalkan Neil Borden pada tahun 1953. Terminologi itu merupakan perpaduan antara 4P: Produk, Price, Place dan Promotion. Sekarang akan saya singgung mengenai Place dan Promotion.

Place

Hal ini mengacu pada lokasi penjualan (point of sale). Di setiap industri, terdapat 2 rumus kunci: “catching the eye of the consumer” dan “making it easy for her to buy” – alias menarik perhatian  dan gampang diraih. Kedua hal itu adalah esensi dari distribusi dan strategi penempatan (place’ strategy). Pemegang produk pun rela membayar lebih untuk posisi yang lebih tepat. Inilah mantra kesuksesan bisnis retail: “lokasi, lokasi, lokasi”.

Promotion

Aktifitas promosi mengacu pada semua aktifitas yang dilakukan untuk menjadikan produk atau jasa diketahui oleh konsumen akhir dan toko. Ini bisa termasuk iklan, informasi mulut ke mulut (word of mouth), press release, incentive, komisi, dan reward kepada toko. Selain hal tersebut, kegiatan promosi bisa pula berupa hadiah langsung, potongan harga, direct marketing melalui SPG (sales promotion girl), telemarketing, kontes, dan lain-lainnya.

Apakah pentingnya marketing mix?

Semua elemen dalam marketing mix akan saling mempengaruhi satu sama lain. Marketing mix dapat membuat rencana bisnis, dan apabila dikelola dengan tepat, akan membuat sukses yang dahsyat.  Apabila dikelola asal-asalan, dapat bertahun-tahun untuk mengkoreksinya. Marketing mix membutuhkan pemahaman mendalam, market research dan konsultasi dengan pakar-pakar ahli serta banyak orang, baik dari pengguna, pemilik toko, manufacturing, distributor, dan lain-lainnya.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: