Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kutu Dalam Kotak Korek Api

Kutu Dalam Korek Api

Dok. Istimewa

Ketika saya lulus tahun 1992 dari SMP di Purworejo, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, saya dinasehati almarhum paman saya, Oom Fatnanto, untuk meneruskan ke SMA di Jogjakarta. Nasehat itu muncul untuk menjawab kebimbangan saya dalam menetapkan sekolah lanjutan setelah SMP.

Jangan seperti kutu dalam korek api, katanya. “Lho, kenapa oom?” tanya saya balik. Kemudian dia berkata, “Kutu itu memiliki kekuatan melompat untuk berpindah tempat dan mencari makan. Ketinggian lompat si kutu itu tergantung dimana dia tinggal. Cobalah taruh kutu di dalam kotak korek api, niscaya dia hanya akan mampu melompat setinggi kotak korek api.”

“Dalam menuntut ilmu dan mengarungi kehidupan, janganlah kita hidup seperti kutu yang tinggal di dalam kotak korek api. Lompatlah keluar, dan latihlah melompat yang lebih tinggi di ruangan yang tidak terbatas tingginya.”

“Kenalilah budaya, pola pikir, beragam kecerdasan serta kearifan manusia di luar sana. Ambil yang positif, tinggalkan yang negatif. Walau kamu melompat tinggi, tetap pegang teguhlah prinsip agama dan etika masyarakat.”

Semenjak itu, dengan restu orang tua, saya pun memantapkan niat untuk bersekolah di Jogjakarta. Lokasi yang jauh dari orang tua, yang saya niatkan untuk belajar “melompat” lebih tinggi.

Nasehat ini sangat berarti bagi saya sampai sekarang, bahkan saya tularkan prinsip ini kepada anak-anak saya. Jangan biarkan kita hidup seperti kutu dalam kotak korek api.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

 

Single Post Navigation

Leave a Reply

