Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Penjualan Turun Menjelang Akhir Tahun?

freedigitalphotos.net

Saat ini sudah tidak terasa mendekati akhir tahun. Bagaimana dengan target Anda? Ada yang tenang-tenang saja, dan pasti ada pula yang kelabakan. Yang tenang-tenang tidak melulu karena sudah tercapai targetnya lho. Alih-alih kita tenang, tapi justru ketenangan yang salah. Tenang karena tidak tahu ada bahaya mengancam.

Artikel ini akan mengupas tentang yang kelabakan, misalnya penjualan menurun menjelang akhir tahun.

Masih ada waktu, kok. Setidaknya, kata-kata itulah yang kita bisa lontarkan untuk menghibur diri kita sendiri. Tapi, setelah itu, bangkit ya. Lakukan 9 hal berikut:

1. Perlihatkan, bahwa produk dan bisnis anda memang bagus dan layak.

Hal ini juga harus didukung oleh semua tim yang antusias. Antusias bersifat menular. Ikhlaskan apabila terdapat produk dan bisnis Anda yang tidak bagus atau tidak layak. Suntik mati saja, daripada membuat kinerja keseluruhan memburuk.

2. Persiapkan program pendorong penjualan. 

Berikan alasan kepada staff marketing anda untuk pergi keluar sana dan melakukan penjualan, penjualan dan penjualan, dengan paket insentif yang menarik.

3. Tumbuhkan semangat keberanian menjual kepada staff Anda.

Training tim penjualan dan marketing untuk melakukan trik pemasaran yang melejitkan penjualan. Barangkali konsumen ingin membeli, tapi ragu karena staf kita kurang pintar menjelaskan atau kurang lengkap distribusi produknya.

4. Lakukan closing dengan kata-kata yang mantap.

Kalimat sederhana seperti bonus tambahan, harga diskon, pengingat praktis, dan deadline order, ataupun kata-kata semangat positif lainnya, akan memperlihatkan semangat yang positif.

5. Tenangkan pelanggan Anda yang melakukan komplain.

Berikan jaminan refund dari uang mereka, atau berikan mereka diskon, berikan mereka bonus, berikan mereka solusinya atas masalah tersebut, dan sebagainya.

6. Percayalah kekuatan word-of-mouth.

Buat sedemikian rupa agar pelanggan Anda merasa tertarik terhadap produk atau bisnis Anda sehingga mereka akan menceritakan hal itu kepada rekan-rekan bisnis yang lain.

7. Jangan lupa prinsip aturan 80-20.

Artinya 80% dari penjualan Anda dihasilkan dari 20% produk yang laku.

8. “Hiduplah” di dunia on-line/ social media.

Pastikan kita memberikan kesan optimis dalam setiap komunikasi yang kita sajikan di website atau media on-line kita. Apabila perusahaan menghendaki perubahan, cantumkan spirit itu pada website. Dunia akan menyambut dengan baik setiap gagasan dan perkembangan baru.

9. Keluarkan Lebih Banyak Modal.

Semakin banyak modal yang Anda investasikan untuk bisnis, semakin besar potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Anda bisa mendatangkan investor untuk menanamkan modal di bisnis Anda selama bisnis tersebut memberikan potensi untung yang cukup menarik bagi mereka. Beli perusahaan yang cukup kuat secara produk, tapi lemah dalam hal finansial atau pengelolaan modal. Barangkali, perusahaan ini akan menjadi unit bisnis baru bagi perusahaan Anda.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: