Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Cintai Diri Anda

Dok. Istimewa

Sadarkah apabila tubuh kita merupakan aset yang paling berharga sejagat raya? Tidak percaya? Coba deh saya tawar 1 mata Anda untuk ditukar dengan uang 500 juta, maukah Anda? Atau bagaimana kalau kedua kaki Anda ditukar dengan tanah 500 hektar? Mau? Atau yang ekstrem lagi, semua aset sebuat perusahaan yang bernilai 5 Trilyun menjadi milik Anda, tapi ditukar dengan nyawa Anda. Tentu saja, kalau kita normal, tawaran-tawaran di atas pasti ditolak.

Ilustrasi di atas adalah untuk menggambarkan nilai diri kita sesungguhnya. Kita sebagai manusia, memiliki aset yang tidak terhitung nilainya. Baik secara lahir ataupun batin.

Jadi, kalau ada orang yang enggan berbisnis karena tidak punya modal, orang ini menghina Tuhan Sang Pencipta. Bukankah tadi kita sepakat kalau diri kita ini juga aset?

Aset yang sudah kita kenal, seperti mobil untuk mudahnya, tentu memiliki hal-hal yang diperlakukan kepadanya agar bekerja produktif. Isi bensin, ke bengkel, perawatan interior dan seterusnya. Bisakah dibayangkan apabila mobil kita ganti olinya dengan oli bekas, diisi bahan bakar yang tidak tepat, dan mengemudikannya secara serampangan? Pasti penyok dan mogok hasilnya.

Fisik dan rohani kita pun perlu perlakuan khusus. Jaga kesehatan dengan makanan bergizi, berolah raga, dan istirahat yang cukup merupakan hal yang harus dilakukan untuk menjaga aset fisik kita. Menambah wawasan, bergaul dengan orang-orang sukses, menghadiri majelis pendidikan, bercengkerama dengan keluarga, dan bergaul merupakan hal yang dilakukan untuk menjaga rohani kita agar fit.  

Mampukah kita bayangkan kalau kita sendiri setiap saat selalu makan seadanya, bergadang setiap malam, nonton sinetron setiap hari, bergunjing, malas, dan menyesali nasib? Pasti badan kita penyok dan rohani kita akan mogok.

Cintailah diri kita, untuk menjaga apa yang telah diamanahkan Tuhan kepada kita.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

(Foto diatas merupakan foto keluarga saya ketika berlibur ke De’Ranch, Lembang, Jawa Barat)

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: