Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Tidak Semata-mata Berkompetisi

Dok. Istimewa

Alkisah suatu hari terdapat kompetisi lari antara kura-kura dan kelinci. Pada awalnya, kelinci menertawakan kura-kura karena kelambatannya. Dengan nada meremehkan pun, kelinci show-off kepada kura-kura dengan pura-pura tertidur sambil menunggu jalannya kura-kura yang lambat. Ternyata kelinci tertidur kebablasan. Tanpa disadari kura-kura tetap berjalan sampai garis finish, melalui kelinci yang masih tertidur. Kura-kura menggunakan metode KERJA KERAS sebagai kunci suksesnya.

Untuk menunjukkan kekuatannya, sang kelinci pun tidak menyerah dengan menantang kompetisi lagi. Namun kali ini kelinci pun kembali kalah karena kecerdikan kura-kura yang menentukan rute dengan menyeberangi sungai. Inilah esensi STRATEGI, dengan melakukan analisa kekuatan dan kelemahan. Kura-kura memiliki kekuatan untuk berenang, sementara kelinci tidak bisa melakukannya.

Setelah dua kali mengalami kekalahan, kelinci mengadu kepada raja hutan. Karena dia merasa jago lari, kelinci menuntut keadilan. Masak kelinci kalah sama kura-kura?

Raja hutan meminta kepada keduanya, untuk bersama-sama lari. Bukan berlomba. Ketika di daratan, kura-kura naik di punggung kelinci. Dan ketika melewati sungai, kelinci naik di punggung kura-kura. Hasilnya bisa ditebak. Keduanya mencapai garis finish bersama. Nah, disinilah arti SINERGI.

Kadang kala, kita tidak perlu semata-mata berkompetisi. Cukup dengan bersinergi, itu akan mengantarkan kita mencapai visi dan misi kita masing-masing.

Suatu saat, seorang petinggi perusahaan mengeluhkan bahwa dia tidak bisa mengalahkan perusahaan lain yang dianggap sebagai kompetitornya. Saya pun berujar “Perusahaan itu diajak bertemu saja, pak. Bapak bisa memutuskan untuk bersinergi dengannya dalam menguasai pasar. Bukan dengan melawannya”. Tidak dikira, jawaban saya – yang terinspirasi dari kisah kura-kura vs kelinci – cukup membuat kening bos ini berkerut.

Kita kembali ke diri kita masing-masing. Apakah kita selalu menganggap orang lain sebagai kompetitor kita? Apakah kita bisa bijak seperti kelinci dan kura-kura untuk melakukan sinergi?

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Note: foto kura-kura di atas adalah salah satu hewan peliharaan di rumah saya…

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: