Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Bagaimana Proses Melamar Pekerjaan? (Bag 3 – terakhir)

Tunggu Hasilnya

Tunggu Hasilnya

Buat yang masih menunggu panggilan pekerjaan, inilah tahap selanjutnya. Ngirim CV udah, wawancara udah, trus komunikasi stop. Tiba-tiba setelah 3 minggu, ditelepon untuk psikotes. Habis itu udah, kagak ada kabar lagi. Ini merupakan situasi ketiga: Tunggu Hasilnya.

Syukuri setiap tahap, sekecil apapun itu. Karena dengan bersyukur dan positive thinking-lah, kita bisa awet umur. Gak akan berpikir kalau hidup penuh dengan penyesalan. Gak cepat tua he he…

Menunggu merupakan hal yang membosankan. Maka dari itu, kayakanlah aktifitas kita dengan hal lain yang tentunya positif. Misal tetap main futsal di komplek rumah, mencabuti rumput, nganter istri ke pasar, bersih-bersih rumah, datang ke hajatan tetangga, pokoknya keep it busy. Kalo perlu, duduk saja seharian di masjid buat bantu bersih-bersih atau untuk ngaji dan sholat berjamaah. Pokoknya jangan kelihatan nganggur di rumah.

Jangan pasang harapan terlalu tinggi. Kadang, kalau kita terlalu ngejagaain hasil dari sebuah lamaran kerja, kita nanti malah akan stress sendiri. Pokoknya all out ketika bertanding, setelah itu keep in normal situation.

Rata-rata orang perlu waktu dari nol sampai mendapatkan kerja itu antara 3-4 bulan. Ini dari beberapa teman saya yang ngejalanin. Kalau dari teman saya yang kerja di bagian HRD, mereka bilang sih kalo ada lamaran masuk, dan profilnya pas dengan job desc, biasanya urusan hiring akan selesai dalam waktu 1-2 bulan. Jadi, ambil aja rata-rata 3 bulan aja deh.

Untuk ukuran saat ini, yah karena keadaannya over supply. Yang nganggur lebih banyak daripada lowongan yang tersedia. Waktu di atas kalo kita cari kerjaan dengan normal lho ya. Pake CV, pake tes, pake cek kesehatan dll. Nggak pake koneksi. Kalau pake koneksi mah, gak usah tanya. Satu hari pun jadilah.

Pembaca, percayalah, setelah anda mendengar sendiri kalau anda diterima bekerja, maka “masa penungguan” dan “masa penderitaan” yang udah dijalani berbulan-bulan sebelumnya, mendadak dalam sekejap akan terlupakan.

Nikmati semua yang ada. Pasang target yang jelas. Ikhtiar semaksimal mungkin. Pasrahkan semua kepada Yang Maha Kuasa.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: