Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Nikmati Hidup Sekarang

freedigitalphotos.net

Kasus pertama: Apabila diberikan pilihan, menerima Rp 10juta dalam setahun lagi, atau Rp 11 juta dalam 13 bulan mendatang? Sebagian besar orang pasti memilih jumlah Rp 11juta dalam 13 bulan. Kapan lagi kita akan mendapatkan tambahan dana 10% dalam 1 bulan tambahannya?

Kasus kedua: apakah Anda memilih menerima hadiah Rp 10 juta tunai sekarang atau berupa Rp 11 juta pada akhir bulan? Nah, pasti jawaban kebanyakan orang adalah menerima hadiahnya Rp 10 juta tunai sekarang.

Untuk kasus pertama, kita tidak dihadapkan pada pilihan, kecuali menunggu. Tidak ada lagi pilihan lain, sehingga kita cenderung mencari nominal terbesar. Perbedaan bulan ke-12 dan ke-13 tidak terlalu signifikan, yaitu sama-sama menunggu.

Sedangkan untuk kasus kedua, kita disodorkan pilihan kata “SEKARANG”, yang membuat kita tidak konsisten. Beberapa ahli menyebut fenomena ini dengan istilah “hyperbolic discounting”.

Disinilah teori “consumer engagement” mulai terpecah. Dengan sistem reward pelanggan yang sangat menarik (misal pengumpulan point dll), “hyperbolic discounting” masih menjadi cara secara emosional untuk mendapatkan pelanggan secara cepat.

Itulah mengapa strategi tersebut digunakan secara konsisten dan massive oleh pelaku industri konsumen. Iklan penjualan rumah pun berani menulis “Harga naik per 1 Desember”, dengan penayangan iklan hanya beberapa hari saja sebelumnya. Berapa kali pula department store memberikan iming-iming voucher belanja, namun hanya berlaku di hari yang sama. Emosi pembeli dimainkan di sini. Ketika voucher itu dibelanjakan, apakah emosi pembeli mereda? Tidak. Karena setiap pembeli belanja berapapun, selalu mendapatkan voucher belanja yang juga berlaku hari itu dengan pola yang tak berkesudahan.

Pelajarannya: ketika menjual produk, berikanlah selalu pilihan kepada pelanggan agar dapat membelinya secara langsung, sekarang, dan tanpa perlu menunggu. Mereka menikmati hidup sekarang.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: