Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Category Management untuk Menang

Category Management untuk Menang

freedigitalphotos.net

Selamat pagi rekan-rekan… Semoga hari Jumat kali ini diberikan keadaan yang terbaik untuk mendekatkan kita dalam mencapai cita-cita kita. Amin..

Terinspirasi dari beberapa kali menemani istri ke supermarket untuk berbelanja bulanan, ijinkan kali ini saya share berkaitan dengan display produk di supermarket.

Apabila kita berbelanja ke supermarket, dengan puluhan ribu produk yang ada, kita akan mudah berbelanja sesuatu dengan adanya pengaturan pajangan produk sesuai kategorinya. Pola penyusunan produk yang ada di berbagai rak penjualan barang (biasa disebut homeshelf) dikategorikan sesuai dengan kebutuhan atau jenis produknya. Misalnya group baby/ kebutuhan bayi, alat rumah tangga, sabun pembersih lantai, sampai makanan, sayuran, snack, dan seterusnya ditempatkan sesuai dengan tiap lorong atau baris.

Kita sering melihat pajangan produk yang unik, sehingga membuat kita tertarik dan mendatanginya. Bagi pemilik produk, kedatangan konsumen ke pajangan produknya selalu disertai dengan pengharapan agar konsumen memasukkan produk tersebut ke dalam keranjang belanjanya. Itulah hasil karya tim category management yang berhasil untuk mendapatkan penjualan produk di toko melalui pajangan, penampilan, promosi, dan pengembangan produk.

Category Management merupakan perpaduan antara program marketing, pemilihan merek utama, strategi harga, pajangan, integrasi program konsumen, peningkatan penjualan, dominansi produk, yang bertujuan untuk memenangkan produk tersebut di toko, tanpa melupakan kepentingan toko tersebut. Di beberapa perusahaan pada umumnya, Category Management merupakan salah satu bagian dari Trade Marketing.

Dalam hasilnya, sebuah Category Management dinyatakan berhasil apabila tepat sasaran, promo menarik, display menang, omset besar, dan bisa dinyatakan sebagai kontributor utama terhadap perkembangan bisnis di toko tersebut.

Apa saja yang dilakukan Category Management untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan penjualan? Jawabannya adalah analisa.

Analisa adalah jantung dari category management. Analisa tersebut meliputi management toko, perencanaan bisnis, awareness konsumen sampai dengan simulasi pemilihan produk, aspek promosi, data penjualan, dan perilaku konsumen. Tidak kalah penting lagi adalah mengenai shelf management (pengaturan rak penjualan). Hal ini  terkait dengan penempatan produk dan pajangan yang memaksimalkan penjualan per meter rak-nya, mendorong traffic ke toko, meningkatkan jumlah produk yang dibeli konsumen (shopping basket size) dan memiliki keunggulan di dalam toko tersebut.

Ibarat games strategi, bagi teman-teman yang suka ngoprek-ngoprek data, survey, strategic thinking, dan senang menganalisa, Category Management adalah tempat yang sangat mengasyikkan.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: