Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Masih Lakukan ini di Akhir Pekan?

Masih Lakukan ini di Akhir Pekan?

Dok. Istimewa

Apakah akhir pekan merupakan hal yang ditunggu-tunggu karena saatnya libur dan bisa istirahat total di rumah? Beberapa teman saya malah berkomentar kalau akhir pekan justru merupakan hari-hari yang lebih “melelahkan” secara fisik dibandingkan hari kerja, namun lebih “fun”.

Pertanyaan selanjutnya, masihkan kita melakukan hal berikut ketika akhir pekan?

1. Bekerja di akhir pekan.

Jika selama ini kita biasa santai di kantor/ sekolah saat weekdays, lalu baru mengerjakan tugas di rumah di akhir pekan, segera lakukan gerakan perubahan pada diri Anda! Sebisa mungkin jangan lakukan pekerjaan/tugas di akhir pekan—kecuali urgent—karena akan membuat otak dan tubuh lelah pada hari Senin.
Saat weekend merupakan kondisi tubuh memerlukan istirahat dan refreshing. Berilah penghargaan untuk tubuhmu yang sudah memberi bantuan selama ini. Lepaskanlah diri dari rutinitas pekerjaan dan nikmatilah waktumu untuk melakukan hal-hal lain di luar urusan kewajiban profesional. Otak kita memang jauh lebih canggih dibanding prosesor, namun otakmu itu bukan mesin komputer yang bisa diatur sedemikian rupa agar tidakover-heat. Ia tetap butuh waktu istirahat agar tetap “waras.”.

2. Tidur sepanjang hari.
Salah satu nikmat dari liburan adalah tak ada istilah “kesiangan”. Ketika kamu bangun, walaupun matahari sudah setinggi ubun-ubun kepala, kamu bebas untuk tidur lagi.

Sesungguhnya setiap akhir pekan rata-rata dari kita punya 32 jam waktu yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan menyenangkan. Bagi sebagian orang, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk balas dendam saat kurang tidur pada waktu kerja.

Bangun siang adalah hal yang sangat wajar dilakukan saat weekend, apalagi jika tidak ada yang mengganggumu. Pilihan tidur sepanjang hari adalah pilihan yang sangat tepat menurutmu, alih-alih me-recover energi, yang ada malah lemas!

3. Makan terlalu banyak.

Seringkali kita mengisi akhir pekan dengan makan sepuasnya sampai nggak pilih-pilih menu. Bagi kita yang terbiasa menjaga pola makan, hal itu bisa mengganggu usaha kita untuk mengurangi berat tubuh sehingga bisa menyebabkan usaha dietmu tidak berhasil. Kalau pun tetap mau makan makanan favorit, sah-sah saja. Tapi, dengan porsi secukupnya!

4. Tidak melakukan apa-apa.
Selanjutnya adalah tidak melakukan apa-apa, alias bengong tanpa pikiran. Ini adalah hal yang sangat tidak diperkenankan untuk dilakukan saat weekend tiba. Jelas ini adalah hal yang sangat diharamkan!! Apalagi kalau hal ini dilakukan sampai hari Senin datang.

5. Bersenang-senang sampai lupa waktu dan energi

Akhir pekan memang saatnya bersenang-senang. Ini waktunya menggiati hobi atau berwisata untuk menyegarkan otak. Tapi ingat, kalau tidak hati-hati kegiatan yang dilakukan di akhir pekan justru bisa jadi bom waktu bagi produktivitasmu di awal pekan nanti. Terlalu lelah di akhir pekan bisa membuatmu lemas saat hari Senin datang.

Mereka yang bijak akan tahu bagaimana caranya mengatur waktu. Mereka akan memilih kegiatan yang bisa menghalau stres, namum tetap efisien dari segi energi. Jika waktunya tidak memungkinkan, mereka tidak akan memaksa pergi ke tempat yang jauh dan memakan perjalanan panjang demi menghemat tenaga di hari libur yang hanya sejenak ini.

6. Gadget freaks.

Terlalu sering bercengkraman dengan ponsel atau alat elektronik dapat memberikan efek negatif pada tubuh, seperti berkurangnya daya konsentrasi dan produktivitas yang berujung pada sulitnya tidur dan meningkatkan level stres. Coba, deh. Lewatkan waktu sehari, atau setidaknya satu jam untuk terbebas dari alat-alat elektronik dan gadget. Lalu menggantinya dengan berinteraksi dengan keluarga, teman atau lingkunganmu atau gebetanmu melalui aplikasi chat. Ups, maksudnya face to face, ya! Ingat, jauhkan gadget dari tubuhmu saat berinteraksi dengan orang lain jika kita ingin dihargai.

7. Mengkhawatirkan Hari Senin
Sebagian orang sangat cemas dan khawatir memikirkan hari Senin ketika mereka sedang asyik menghabiskan weekend. Percayalah, kekhawatiran ini akan membuatmu tidak bisa sepenuhnya menikmati waktu liburan kita.Nikmati sisa-sisa jam untuk menikmati hari Minggu.

Nah, apakah masih melakukan hal di atas saat akhir pekan? Saran saya, jangan lakukan hal-hal tersebut di atas yang membuat weekend menjadi tidak seru dan basi,

Note: foto di atas saya bersama kedua anak saya, Arfi dan Ditya ketika berlibur di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: