Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Cross Selling-lah Jawabannya. Bagaimana itu?

Cross Selling-lah Jawabannya. Bagaimana itu?

freedigitalphotos.net

Pada artikel sebelumnya, saya mengupas tentang up-selling agar omset naik. Silakan klik link tersebut. Nah, ada pula teknik yang akan saya bagikan untuk meningkatkan jumlah penjualan pada setiap transaksi yang ada. Teknik tersebut adalah cross-selling. Apakah gerangan ini?

Cross Selling adalah cara untuk membuat pembeli melakukan transaksi lebih banyak dengan menambahkan beberapa produk dari kategori lainnya.

Semoga gak bingung ya…Saya kasih contoh cross selling, deh. Misal pemilik kendaraan membeli bensin, maka tawarkan pula untuk membeli oli mesin, cairan wiper, dan pengisian gas nitrogen untuk ban kendaraannya. Contoh lain adalah pelanggan koran. Tawarkan kepada pelanggan tersebut untuk berlangganan tabloid wanita dan majalah anak-anak, ini juga masuk dalam kategori cross selling. Kepada pembeli handphone, tawarkan pula casing warna-warni, baterai external, charger mobil, atau download software menarik.

Sebagai simpulan, kata kunci pembedanya adalah: (1) up selling adalah menaikkan level produknya; (2) cross selling adalah menambahkan produk dari kategori lainnya.

Siap-siap jualan dahsyat? Yuk mari…

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: