Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kontrol Emosi

ID-100229178

freedigitalphotos.net

Einstein mendefinisikan kegilaan adalah melakukan sesuatu dengan cara sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil berbeda.

Nasehat bijak Enstein di atas adalah pengingat saya. Anda jangan mengharapkan hasil menjadi lebih baik jika Anda masih bertahan dengan cara yang Anda pakai sekarang.Dengan ungkapan lain, Anda mimpi ketika mengharapkan perut Anda menjadi lebih ‘rata’ dengan masih mengandalkan diet berbulan-bulan namun tidak nampak perubahannya.

Jika ingin hidup Anda berubah, Anda harus berubah. Mengubah cara pikir, cara pandang dan cara melakukan sesuatu.

Apabila Anda mengubah strategi Anda, mengubah sudut pandang Anda, mengubah tindakan Anda, maka hidup Anda akan berubah dengan sendirinya.

Namun, yang saya pelajari ternyata bahwa yang pertama kali harus dirubah adalah emosi. Emosi merupakan respon seseorang dalam menghadapi situasi. Emosi inilah yang selanjutnya memicu keputusan: berubah atau sama. Sekali emosi ini merespon berbeda, maka selanjutnya akan menyeret ke arah yang berbeda pula.

Semisal dalam organisasi perlu ada perubahan karena strategi yg ada tidak dapat memperbaiki kinerjanya. Sebagai salah satu tindakan yang diputuskan karena emosi, seorang atasan memecat salah satu orang yang tidak disukai.  Atasan tersebut lebih memilih orang yang disukai tanpa mempertimbangkan kompetensinya jauh dari yang dibutuhkan. Maka perubahan ini sudah tertebak kemana arahnya.

Dalam situasi sehari-hari pun, emosi ini terbukti mempengaruhi langkah selanjutnya. Ketika badan capek pulang dari beraktifitas, tugas proyek masih antri, anak-anak berebut minta PRnya dikoreksi, sementara ada tamu ketok pintu mau konsultasi, kita memilih membuat wajah kita masam dan cemberut sebagai luapan emosi. Selanjutnya bagaimana? Pasti pernah mengalami, kan?

Saya pun masih belajar dalam hal ini.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: