Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Belajar Mendengar (Bagian 1)

ID-100208157Dalam sebuah rapat, terjadi kegaduhan karena terjadi perbedaan pandangan dalam melihat suatu permasalahan. Di satu pihak merasa sudah melakukan yang benar, namun pihak lain ada yang menilai sebaliknya. Ketika seseorang berbicara, ada yang memotongnya dengan dalih untuk menambahkan. Pemimpin rapat pun akhirnya menutup rapat tersebut tanpa membuat kesimpulan terhadap langkah selanjutnya.

Apakah yang terjadi pada situasi ini?

Salah satu kompetensi yang dibutuhkan dalam rapat adalah mendengar. Lho, kok dalam rapat malah mendengan saja? Kapan bicaranya? Sabar ya… nanti akan saya share bagaimana cara berbicara dalam rapat. Tapi kali ini, saya bagikan dulu pengalaman saya mengenai keterampilan mendengarkan, dimulai dari prinsip-prinsip mendasar.

1. Kita tidak dapat mendengarkan dan berbicara secara bersamaan
Ketika seseorang memotong pembicaraan saat orang sedang berbicara, hal ini akan sangat mengganggu lawan bicaar. Bahkan tak jarang, dia akan kehilangan konsentrasi dan tujuan pembicaraan ini.

2. Cobalah pahami ide utama pembicara
Seorang pendengar yang baik akan selalu mencoba untuk memahami intisari dari suatu pembicaraan. Apabila kita belum paham, tanyakan dengan sopan, atau lakukan beberapa persetujuan atas pemahaman yang sudah kita terima. Kalau perlu, tulis catatan kecil tanpa mengurangi konsentrasi pada saat mendengarkan.

3. Hindari gangguan dari lingkungan sekitar
Fokuskan diri pada pembicaraan. Bayangkan saja ketika Anda berbicara, kemudian lawan bicara Anda malah asyik membalas SMS melalui handphonenya. Kalimat populer untuk ngelesnya kadang seperti ini, “Udah, kamu bicara aja aku tetap dengerin kok. Aku sambil balas BBM ya..” Ingat prinsip nomor satu di atas. Otak kita tidak bisa melakukan beberapa hal bersamaan.

Nah, prinsip-prinsip di atas merupakan bagian mendasar dari keterampilan mendengarkan. Saya akan teruskan sambungan artikel ini pada kesempatan selanjutnya ya. Happy day!!!

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

One thought on “Belajar Mendengar (Bagian 1)

  1. Pingback: Belajar Mendengar (2 – selesai) | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: