Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Belajar Mendengar (2 – selesai)

ID-100204769Sebagai lanjutan artikel yang lalu (Belajar Mendengar), sekarang saya akan lebih menitikberatkan pada bagaimana melengkapi proses “mendengar” dengan lebih luas.

1. Amati respon non verbal

Manusia dibekali kemampuan untuk melakukan gerak reflek dalam merespon sesuatu. Pahami lawan bicara Anda. Apabila arah matanya sudah mulai melihat kanan kiri dan lingkungan sekitar, secara tidak langsung dia hendak berkata, “Ada yang lebih menarik di sana daripada mendengar pembicaraanmu.” Latihlah agar kita semakin peka memahami respon orang lain ketika mendengarkan pembicaraan dengan kita. Sebaliknya, perlihatkan antusiasme ketika ada orang lain yang sedang berbicara dengan kita.

2. Memberi feedback (umpan balik)

Dalam prinsip komunikasi, selalu mensyaratkan dua pihak, yaitu pengirim dan penerima. Pada konteks mendengarkan, berilah feedback atau umpan balik kepada pembicara. Bayangkan ketika Anda sedang melucu, namun tidak ada satupun yang tertawa. Kiamat lah sudah he he…

3. Belajar mendengar, dan mendengar untuk belajar

Penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia menghabiskan waktunya untuk mendengarkan sekitar 50%. Nilai ini sama besarnya dengan nilai gabungan waktu yang dihabiskan untuk membaca, menulis dan berbicara. Dengan demikian, kita harus memahami pentingnya proses mendengarkan sebagai sarana mencapai tujuan yang dapat dicapai secara efektif. Terapkan prinsip mendengar ini untuk konteks yang lebih luas, yaitu mendengarkan pelanggan kita.

Siap?

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: