Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kekuatan Pikiran

close-up of a young woman with her head in her handsPernahkah suatu hari kita masuk ke mall yang tekenal susah dapat tempat parkir, kemudian kita berfikir untuk mendapatkan tempat parkir… dan beberapa saat kemudian, ada space kosong  di sana?

Atau, pernahkah kita memimpikan untuk pergi ke suatu tempat…dan beberapa saat kemudian, mimpi tersebut nyata terjadi?

Mari kita bicara tentang kekuatan pikiran dan hukum tarik menarik.

Semua manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa secara istimewa. Mengapa dikatakan istimewa? Karena setiap manusia dibekali Tuhan dengan pikirannya masing-masing untuk berfikir. Inilah yang membuat manusia berbeda dari mahluk hidup lainnya. Pikiran yang dimiliki manusia terbagi menjadi dua, yakni pikiran secara sadar dan pikiran di bawah sadar.

Fungsi dari pikiran sadar adalah untuk melakukan analisa, melakukan perbandingan informasi, pengambilan keputusan dan perhitungan. Sedangkan fungsi dari pikiran bawah sadar adalah sebagai pusat memori, pusat aktifitas seni, intuisi, pusat kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan bahkan sebagai penentu tercapainya tujuan-tujuan di dalam hidup bila kita mau memaksimalkan kemampuan alam bawah sadar kita

Pikiran bawah sadar adalah bagian otak kita yang membuat kesan dan keputusan tidak sadar. Para psikolog mengidentifikasi pikiran bawah sadar sebagai sumber kreativitas, pikiran dan perasaan intuitif, inspirasi, serta kesadaran spiritual. Banyak orang percaya bahwa kita dapat menggunakan pikiran sadar untuk membuat perubahan dalam pikiran bawah sadar, yang kemudian menjadi perubahan yang bisa dilihat dalam kehidupan kita.

Jika pikiran Anda positif, maka pikiran akan mentransmisikan kekuatan untuk membawa hal-hal positif ke dalam hidup Anda. Apa pun yang dapat Anda pikirkan — termasuk kesuksesan, kehormatan, uang, atau cinta — semuanya bisa menjadi milik Anda. Yang harus Anda lakukan adalah bertanya dan memusatkan pikiran Anda pada tujuan.

Di sisi lain, jika pikiran Anda secara konsisten negatif, maka Anda pun akan menarik hasil negatif ke dalam hidup Anda. Kalau Anda pernah bertanya-tanya, mengapa hanya hal-hal buruk yang terjadi? Mengapa Anda sering menemui ketidakberuntungan? Itu semua akibat dari kekuatan pikiran Anda sendiri. Bisa jadi tanpa sadar, Anda selalu lebih berfokus pada hal yang negatif daripada yang positif.

Mari lakukan 3 hal berikut:

Ketahui apa yang Anda inginkan

Ide samar saja tidak cukup untuk mencapai tujuan. Jika Anda benar-benar ingin memasuki kekuatan pikiran bawah sadar, penting untuk mengetahui apa tepatnya yang Anda inginkan dengan jelas. Hasil akhir yang Anda inginkan tidak boleh ambigu dan harus ringkas dan padat. Daripada hanya berharap menjadi penyanyi, curahkan kemampuan Anda untuk berlatih menjadi penyanyi. Jadikan nyanyian Anda menjadi hasil terbaik dan latih terus menerus.

Visualisasikan

Lihat diri Anda sendiri seakan-akan telah memiliki semua yang ingin Anda capai. Ini membantu Anda untuk tetap fokus dan berada di jalur tepat menuju tujuan. Hampir semua olahragawan ternama mengisahkan, bahwa mereka selalu melakukan visualisasi / imajinasi di sela-sela latihan. Karena, tubuh tidak bisa membedakan antara sebuah peristiwa yang benar-benar nyata, atau hanya simulasi dalam pikiran Anda.

Setelah mengetahui apa yang Anda inginkan dengan jelas, Anda harus membayangkan tujuan itu dan menganggapnya seolah telah tercapai. Beberapa ahli menunjukkan bahwa pikiran bawah sadar hanya dapat mengubah perilaku bermasalah dan pola yang sulit apabila Anda bertekad mencapai tujuan dan mencurahkan banyak waktu dan energi memikirkan kemampuan Anda mencapainya.

Meneruskan contoh menyanyi. Bayangkan Anda bernyanyi di atas panggung dan stuido rekaman. Proyeksikan suara Anda dilihat di You Tube dan didownload oleh ribuan penggemar. Bahkan bayangkan, lagu Anda dibajak. Membayangkan keberhasilan dapat memberi keyakinan untuk bekerja lebih baik, apa pun bidangnya.

Bekerjalah untuk mencapai tujuan

Mengubah cara pikir dan memusatkan energi pada hasil akhir adalah langkah yang sangat penting, tetapi itu hanya sebagian. Bagian lain mengharuskan Anda untuk bekerja mencapai tujuan. Sekarang setelah Anda menaklukkan keraguan diri dan mengubah cara berpikir dan berinteraksi dengan dunia, Anda cenderung lebih percaya diri dan yakin, tetapi Anda masih harus bekerja mencapai apa pun yang diimpikan.

Sebagai contoh, Anda tidak lagi merasa ragu apakah suara Anda didengarkan atau tidak. Tanpa tindakan, Anda hanya akan berharap, walaupun ini penting, tetapi tidak cukup kecuali jika Anda mengombinasikannya dengan kerja dan tindakan.

Bersyukurlah selalu. Jangan kuatir. Fokuskan pada hal yang penting. Lihatlah di sekeliling Anda. Ada begitu banyak hal indah, salah satu di antaranya adalah Anda! Anda adalah seorang individu yang luar biasa terlepas dari situasi Anda saat ini. Jika Anda mungkin saat ini sedang menghadapi keadaan tersulit, jangan khawatir, karena itu dimaksudkan untuk mempersiapkan diri Anda agar berhasil mencapai tujuan-tujuan Anda kelak.

Oleh karena itu selalu ingat target Anda, dan jangan biarkan semua itu hilang sebelum Anda berhasil meraihnya. Saya share quote dari teman saya pagi ini: “Jangan buang waktumu untuk hal-hal yang tidak penting….”

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar

Single Post Navigation

2 thoughts on “Kekuatan Pikiran

  1. Lulut Agustoro on said:

    Oke mas bro.

  2. Terima kasih Mas Lulut. Semoga bermanfaat. Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: