Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Tidak Ada yang Sia-sia

mosquito-skin-jpg-adapt-945-1Cobalah cari semua jenis ciptaan Tuhan di muka bumi ini, apakah ada yang tidak bermanfaat? Air? Sudah jelas, kita semua membutuhkannya. Tanaman buah-buahan? Pasti kita sepakat. Ayam? Ya, ada hasil telur dan daging yang bisa dikonsumsi. Bagaimana dengan nyamuk? Bakteri penyakit? Apakah ada manfaatnya?

Sampai inilah kita membutuhkan persepsi. Persepsi adalah (dari bahasa Latin perceptio, percipio) adalah tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensoris guna memeberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Persepsi meliputi semua sinyal dalam sistem saraf, yang merupakan hasil dari stimulasi fisik atau kimia dari organ pengindra. (Wikipedia, 2016).

Insyaallah persepsi tentang air bisa dibilang sama. Air (secara umum), bermanfaat untuk kehidupan. Ayam pun demikian. Ia merupakan target konsumsi berupa telur dan daging.

Nyamuk? Bagaimana ini melihatnya? Ada persepsi bahwa nyamuk sebagai pembawa penyakit dengue pun pasti melihatnya negatif dan harus dibasmi. Siapa yang melihatnya positif? Tentunya minimal pakar kesehatan dan produsen obat nyamuk. Apakah karena sedemikian kita ingin membasmi nyamuk, dan nyamuk akan habis populasinya di muka bumi? Allah lebih tahu jawabannya.

Sekarang tentang diri kita. Apakah kita bisa mengatakan bahwa kita ini tidak berguna? Apakah kita juga bisa menyimpulkan bahwa kita ini ada gunanya hidup? Apakah kita ini sudah sesuai dengan tujuan penciptaan kita? Apa bingkai persepsi yang sedang kita pasang?

Dalam kitab suci pun, Allah pun berfirman, “Rabbana ma khalaqta hadza bathila” yang artinya “Ya Tuhan kami, sungguh Engkau tidak menciptakan semua ini untuk sesuatu yang sia-sia…”

Bagaimana? Sudah punya jawaban terhadap peran kita saat ini?

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

One thought on “Tidak Ada yang Sia-sia

  1. Pingback: Positiflah | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: