Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Membacalah

C5Z9dLyWQAENTe5Ayat pertama kali yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW berbunyi “Iqro'”. Bacalah. Membaca apa? Ya bacalah semuanya. Dan dengan membaca, tidak hanya menambah pengetahuan tapi juga kita menjadi lebih self-aware. Lebih paham arah dan situasi. Bayangkan, apabila kita tidak bisa membaca, dijamin nyasar kalau pergi ke suatu tempat, dimana tidak ada orang yang bisa kita tanya.

Membaca memiliki banyak manfaat untuk kita. Berikut ini beberapa hal tentang manfaat membaca, yang saya cuplik dari https://hype.idntimes.com.

1. Meningkatkan kapasitas memori otak. Setiap kali membaca sesuatu, otak akan membuat satu ruang baru untuk menyimpannya. Sehingga kapasitas memori otak pun terus bertambah.

2. Membantu kemampuan berpikir analitis. Ketika membaca, kita pasti mencermati alur dan karakter ceritanya. Nah, inilah yang dapat membuat kemampuan berpikir bertambah. Hingga selanjutnya dapat berpikir kritis, karena sudah sering menganalisis detail dan plot di buku yang telah dibaca.

3. Menambah pengetahuan. Pengetahuan sudah pasti didapatkan dengan hobi membaca. Karena ketika membaca, otak akan dipenuhi dengan beragam informasi baru. Dengan banyaknya pengetahuan, kita akan lebih mudah menghadapi kesulitan atau rintangan di kehidupan.

4. Memperluas cakrawala. Seperti istilah buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita seakan sedang melihat beragam orang serta tempat yang belum pernah dikunjungi. Hingga kita tahu kebudayaan di Korea maupun sistem politik di Amerika.

5. Mencegah alzheimer. Orang yang suka membaca menurunkan dua setengah kali kecenderungan untuk terkena alzheimer atau kepikunan. Hal ini disebabkan ketika membaca, kita akan mengingat plot, karakter, sejarah, juga latar belakang cerita, sehingga kemampuan untuk mengingat terus terasah.

6. Menurunkan tingkat stres. Ketika kita stres sehabis kerja, kuliah, atau karena hal lain, membaca dapat memulihkannya. Dengan membaca buku atau artikel favorit, kita bisa terhanyut dan tenggelam di dalamnya. Sehingga stres pun teralihkan dan bahkan bisa terlupakan. Membaca juga dipercaya dapat memberikan ketenangan batin dan menurunkan tekanan darah.

7. Meningkatkan karir. Orang yang gemar membaca dan memiliki pengetahuan yang luas akan cenderung lebih mudah diterima kerja. Ketimbang mereka yang tidak suka membaca dan nggak tahu tentang informasi terbaru yang sedang terjadi. Mereka pun bakal lebih mudah bergaul dengan beragam orang.

8. Memperluas kosakata. Semakin banyak membaca, bertambah pula kosakata baru yang dipelajari. Dengan membaca, kita juga bisa menambah pengetahuan bahasa asing. Sehingga bisa membantu kita berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Asyik kan kalau kita bisa mengobrol dengan kalimat yang cerdas?

9. Meningkatkan konsentrasi. Saat membaca, seluruh perhatian kita akan terfokus pada bacaan tersebut. Hal itu akan meningkatkan daya konsentrasi. Cobalah membaca sekitar 15-20 menit sebelum berangkat kerja atau kuliah, dijamin kita akan lebih fokus saat beraktivitas.

10. Hiburan gratis. Membaca nggak perlu mahal, selain dengan meminjam buku di perpustakaan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan membaca seperti e-book, blog, dan artikel lainnya.

Selamat membaca!

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

2 thoughts on “Membacalah

  1. Pingback: Be Smart: Membaca (1/4) | Syariful Akbar

  2. Pingback: Be Smart: Menulis (2/4) | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: