Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Online Shop

CaptureSudah jamak saat ini kita memiliki akses yang cukup ke online shop. Toko online di Indonesia saat ini pun mulai menjamur. Sebut saja beberapa nama untuk mendapatkan penjual dan pembeli. Dari yang berkonsep iklan baris, seperti kaskus.co.id, olx.co.id, dan berniaga.com. Yang berkonsep B2C (business to consumer) seperti lazada.co.id, bhineka.com, dan zalora.co.id. Ada pula yang berkonsep mall online seperti blibli.com, elevenia.co.id, tokopedia.com, bukalapak.com, kudo.co.id, dan rakuten.co.id. Belum lagi penjualan melalui personal blog, Instagram, dan Twitter.

Beberapa penelitian juga telah dilakukan untuk menganalisa fenomena ini.

Pada tahun 2016, dari data yang dimiliki oleh Dirjen Perdagangan, menunjukkan bahwa 80% peritel mengakui persentase jumlah penjualan online meningkat dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 25%. Menurut AC Nielsen, diantaranya adalah 69% pakaian, 10% peralatan rumah tangga, 7% buku, 7% tiket travel, dan 6% barang komputer.

Senada dengan Nielsen, Menkominfo Rudiantara sebagaimana dilansir oleh Kompas (4 Januari 2016), mengatakan bahwa pada tahun 2016 transaksi paling populer di internet yaitu produk pakaian, sepatu, tas, tiket pesawat, dan ponsel.

Itu artinya, bisa ditangkap oleh para penjual online, jika ingin jualan onlinenya laris, maka juallah produk-produk yang banyak diminati oleh pembeli online tahun 2016, mencakup berbagai produk pakaian, sepatu, tas, tiket pesawat, ponsel, dan barang-barang elektronik lainnya.

Belum lagi peluang bisnis lain di balik maraknya toko online ini. Seperti jasa web development, pembuat aplikasi, jasa content marketing dan SEO (Search Engine Optimalization/ optimalisasi mesin pencari ke sebuah tautan), Youtuber, pelatihan dan konsultasi.

Bagi Anda yang mau buka toko online, pastikan strategi yang sama seperti ketika Anda ingin membuka usaha. Tentukan produk apa yang ingin anda jual, temukan supplier utama dari produk tersebut, dan lakukan pemasaran. Saya pernah sukses menjual mobil, alat elektronik, dan rumah tangga di OLX.

Bagi Anda konsumen, beragam pilihan di toko online benar-benar membuat mata berbinar he he…

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

(Foto saya capture ketika klik “online shop sepatu” di mesin pencari)

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: