Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Back to Work

852119564_271558Setiap orang pasti menyukai liburan. Bagaimana tidak? Setelah berkutat dengan rutinitas pekerjaan, liburan diyakini menjadi salah satu pelepas penat dalam pikiran. Berbagai jenis liburan pun dilakukan untuk mendapatkan kesenangan.

Namun, liburan pasti ada batasnya. Kita harus kembali kepada aktifitas semula. Lantas bagaimana menjalaninya?

Tantangan ketika liburan selesai adalah bagaimana mood bisa dikembalikan untuk aktifitas semula. Perasaan senang yang muncul ketika liburan pun sulit dihilangkan sehingga bisa mengganggu semangat bekerja, misalnya. Saya yakin, kita pernah mengalami hal seperti ini.

Beberapa hal bisa kita lakukan untuk mendukung aktifitas kita setelah liburan. Pertama, pikirkan hal yang menyenangkan dalam bekerja. Apalagi kalau kita sudah mencintai pekerjaan kita. Kita akan bangun pagi dengan penuh semangat, dan sampai kita pun sulit berhenti untuk menjalankannya.

Kedua, agar kita bisa mengembalikan ritme bekerja seperti semula, mulailah dengan perlahan dan buat rencana kerja hari pertama. Setelah liburan pasti banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Tenang saja, jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran Anda masih belum sepenuhnya fokus kepada pekerjaan itu. Bisa jadi apabila Anda terburu-buru, Anda malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan tersebut karena harus sering diulang.

Yang ketiga, datanglah lebih awal. Keluhan hari pertama bekerja setelah liburan adalah susahnya konsentrasi kerja ketika suasana kantor ramai. Dengan mencoba datang lebih pagi, saat kantor masih sepi, otak akan lebih segar dan relaks sehingga bisa berpikir dengan jernih. Sering terjebak macet atau lelah berdesakan dengan banyak orang ketika datang ke tempat kerja? Usahakan bangun lebih awal agar bisa berangkat lebih cepat. Bila tiba di kantor tanpa macet atau berdesakan di transportasi umum, kerja akan jadi lebih tenang.

So, happy back to work…

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: