Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Kreatif Tiada Henti (3/5)

Meeting-Elsewhere-Workshop-creative-meeting-spaceCharlie Brown mengatakan, “Ide yang baru itu pelik. Ia bisa mati gara-gara sinisme atau sikap tidak tertarik. Ia bisa mati gara-gara sindiran. Bahkan berakibat kuatir setengah mati gara-gara seseorang mengernyitkan dahinya.”

Lingkungan yang negatif mematikan ribuan ide hebat setiap saat.

Lingkungan yang kreatif, sebaliknya, menjadi ibarat taman bermain untuk mencoba apa saja. Lingkungan ini adalah tempat yang asyik untuk menyemai ide-ide dan berkembang.

Lingkungan yang kreatif itu:

  • Mendorong kreatifitas. Ketika inovasi serta pemikiran yang baik secara terbuka didorong dan diberikan penghargaan, maka orang akan melihat bahwa mereka diijinkan bersikap kreatif.
  • Memberikan kepercayaan kepada semua anggota tim. Kepercayaan sangat penting bagi orang kreatif. Dalam proses kreatif, kepercayaan merupakan kepastian bahwa waktu untuk menemukan ide-ide kreatif tidak akan disia-siakan.
  • Merangkul mereka-mereka yang kreatif. Undang orang-orang kreatif untuk berkumpul. Orang-orang seperti ini, selalu menantikan kesempatan yang penuh dengan energi, peluang, dan tawaran.
  • Fokus kepada inovasi, bukan sekedar penemuan. Ide yang orisinal memang langka. Kita memiliki kecenderungan untuk memodifikasi hasil pemikiran orang lain.
  • Rangsang tiap orang untuk memberikan komentar dan ide apapun. Tawarkan alternatif atau pilihan. Orang kreatif adalah orang yang memiliki banyak pilihan. Berpikir menurut pilihan ini seringkali membuat kita memiliki hasil berlipat-lipat.
  • Menghargai impian. Tidak mungkin apabila kita tidak punya impian. Hargai impian yang kita miliki. Jadikan impian ini sebagai kekuatan untuk mengembangkan diri kita.

Kesimpulannya, semakin kita menjadikan lingkungan kita bersahabat terhadap kreatifitas, semakin besarlah potensinya untuk menjadi kreatif.

Kita pun juga bisa menciptakan lingkungan yang mendukung kreatifitas. Kita bisa menemukannya di pojok ruangan rumah kita. Kita bisa punya ide kreatif ketika di warung makan. Di beberapa kantor pun ada yang memiliki ruangan benar-benar yang merangsang ide kreatifitas karyawannya.

Saya pernah bekerja di kantor yang memiliki meja bilyard, video game, dan ruang makan karyawan seperti cafe, lengkap dengan peralatan gelas, dispenser minuman, kulkas, dan microwave. Tempat ini pun memiliki view terbaik ketika kita melihat keluar. Bahkan, background terbaik untuk foto yang instagramable ada di tempat ini. Selain itu, kantor ini menyiapkan makan siang bersama seluruh karyawan di setiap hari Senin. Benar-benar strategi yang jitu untuk membuat karyawan berkumpul, berinteraksi, dan berbagi ide-ide kreatif tanpa disadari.

Silakan baca kembali artikel saya sebelumnya, yaitu Kreatif Tiada Henti (1/5) dan Kreatif Tiada Henti (2/5).

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @syarifulakbar.

Advertisements

Single Post Navigation

2 thoughts on “Kreatif Tiada Henti (3/5)

  1. Pingback: Kreatif Tiada Henti (4/5) | Syariful Akbar

  2. Pingback: Kreatif Tiada Henti (5/5) | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: