Syariful Akbar

Original, Fresh & Loud

Makanlah Dulu

IMG-20170728-WA0034Dalam sekian kali memimpin tim di beberapa perusahaan yang berbeda, saya selalu menjalankan pola yang sama, yaitu meminta semua orang untuk berbicara ketika rapat.

Berbicara dalam hal ini adalah dalam konteks memberikan informasi, menganalisa situasi, menyampaikan masukan, dan memberikan komitmen yang akan dijalankan selanjutnya. Konteks berbicara pun saya terapkan ke beberapa level, dari yang sederhana berupa bicara itu sendiri, sampai ke level presentasi di depan semua tim.

Ternyata, tidak mudah bagi beberapa orang untuk berbicara dalam forum rapat. Saya mengamati, ternyata ada faktor-faktor non teknis yang menghambat seseorang dalam mengemukakan pendapat, yaitu faktor eksternal dan internal.

Faktor eksternal adalah faktor-faktor lingkungan. Di sini bisa disebutkan dari faktor pengaturan ruang, pilihan warna sekitar, peralatan, tanaman, pencahayaan, dan lain-lain.

Faktor internal secara garis besar adalah tentang keyakinan kepada dirinya sendiri. Apabila seorang karyawan merasa diberdayakan, maka keyakinan-keyakinannya akan menjadi lebih positif. Jika seseorang meyakini bahwa dirinya pintar, lucu, dan cepat-tanggap, maka kinerja mereka akan merefleksikan hal itu. Demkian halnya apabila mereka percaya bahwa dirinya bodoh, malas, dan tidak mampu, maka kinerja akan memperlihatkan hasil yang sesuai dengan yang diyakininya.

Tugas setiap pemimpin adalah untuk mengkondisikan semua hal-hal positif muncul dari semua anggota timnya. Sehingga, untuk memunculkan dukungan faktor internal dan eksternal secara bersamaan bagi karyawan, salah satu yang saya lakukan adalah dengan mengusahakan adanya konsumsi setiap kali rapat.

Makanan ini sebagai upaya saya untuk meredakan ketegangan. Beberapa penelitian pun juga sudah mempertegas fakta bahwa menurunkan tingkat tekanan pembelajar dapat menurunkan pelepasan hormon-hormon yang berhubungan dengan ancaman. Sistem saraf yang relaks adalah kondisi yang terbaik untuk pembelajaran.

Saya pun yakin, hampir kita semua ini cukup senang ketika ada makanan. Kondisi buntu dan tegang pun, kadang-kadang bisa dicairkan dengan mengunyah makanan dan minum kopi bersama. Tentu saja tidak perlu berlebihan. Disesuaikan saja dengan keperluan, konteks, dan waktunya.

Jadi, tips singkat kali ini: ajak makanlah dulu, sebelum Anda meminta tim Anda untuk berbicara.

Salam sukses.

Ingin ngobrol dengan saya?  Follow saya di twitter @syarifulakbar.

(Foto di atas diambil ketika saya – dengan baju bergaris-garis hitam putih – bersama tim saya dalam membahas salah satu topik penting dalam project yang sedang berjalan. Tentu diselingi dengan makan bersama.)

Advertisements

Single Post Navigation

One thought on “Makanlah Dulu

  1. Pingback: Menikmati Makanan | Syariful Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: